ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

KUD Perintis Hanya Dapat 10 Persen

Bagikan Artikel Ini:

demo masyarakat tanoyan menolak tambang

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Andi Mundeng, Ketua Pemuda Desa Tanoyan Utara, ikut ambil bicara terkait penolakan terhadap perusahaan tambang PT Gunung Damawan Persada yang bekerjasama dengan koperasi setempat yakni KUD Perintis.

Menurutnya, kerjasama dengan KUD Perintis hanyalah trik belaka. Sebagai pintu masuk untuk target penguasaan lahan yang lebih besar di Tanoyan.

“Tidak mungkin hanya ada 2 perusahaan skala besar yang hanya mengelola lahan sebesar 100 hektar lalu dibagi dua lagi. Targetan mereka sebenarnya adalah menguasai  seluruh lahan pertambangan yang ada di tanoyan. Pintu masuknya ya bekerjasama dengan KUD Perintis,” katanya, Sabtu 23 Mei 2015.

Selain itu, lanjut Andi, dampak kegiatan perusahaan tambang yang didukung peralatan berat berteknologi canggih, akan mengancam masa depan masyarakat dan generasi masa yang akan datang, akibat dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat aktivitas pertambangan skala besar.

Soal keuntungan, Andi juga membeber, dari hasil kerjasama pengelolaan tambang antara KUD Perintis dan perusahaan PT Gunung Damavan Persada, pihak KUD hanya mendapatkan royalti sebesar 10 persen.

“Hitungan 10 persen itu pun hanya untuk para pengurus KUD Perintis. Cara seperti ini harus dipertanggungjawabkan pada masyarakat,” bebernya.

Lebih jauh Andi juga menambahkan, apa yang dilakukan KUD Perintis adalah bentuk penghianatan terhadap komitmen perjuangan terhadap rakyat yang sejak awal telah bersama-sama berdiri di garis perjuangan untuk menolak perusahaan tambang apapun masuk ke wilayah Tanoyan.

Sementara itu Nisar Kadengkang, pada kesempatan aksi protes yang berlangsung di Tugu Perjuangan Tanoyan, Ketua SAMAPTA (Sarjana Mahasiswa Pelajar Tanoyan) menyerukan agar KUD Perintis Tanoyan dibubarkan.

“Kami minta KUD Perintis dibubarkan. Karena sudah meresahkan masyarakat,” katanya.

Pemerintah desa, lanjut Nisar, harus bersegera memfasilitasi dialog antara masyarakat dengan pihak KUD Perintis. Hal ini menurutnya penting, agar dapat diketahui siapa-siapa yang disebutnya mafia dibalik kesepakatan yang tersembunyi antara KUD Perintis dan PT Gunung Damawan Persada. (koli/uwin)

BACA JUGA :

1. Perusahaan Tambang Ditolak Masuk

2. KUD Perintis Dituding Bajingan

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.