ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Siap Siap Jadi Pendamping Dana Desa

Bagikan Artikel Ini:

Dana Desa

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU –  Siap – siap bagi Anda yang tertarik bergelut dalam kerja-kerja di bidang perdesaan. Sebab tak lama lagi, pemerintah propinsi akan melakukan perekrutan tenaga pendamping desa,  setelah terbitnya  Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2015, tentang Tenaga Pendamping Desa yang  dikeluarkan oleh Marwan Jafar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT).

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (BPMD dan KB) Kota Kotamobagu, Sitti Rafiqa Bora,SE.

“Dalam waktu dekat ini, akan ada perekrutan tenaga pendamping desa,” kata Rafiqa. “Perekrutan akan dilakukan secara online,” lanjutnya, saat ditemui di kantor BPMD KB, Selasa 16 Juni 2015, siang tadi.

Dia menambahkan,  pihaknya tinggal menunggu  surat edaran dari propinsi terkait perekrutan tersebut.

“Paling lama dua minggu depan, karena petunjuk teknis  sudah keluar. Soal tata cara perekrutan, lanjut Rafiqa, nanti akan disosialisasikan lewat media,” terangnya. Dia juga mengatakan, perekrutan dilakukan melalui instansi terkait tingkat propinsi.

Tenaga pendamping desa ini, kata Rafiqa,  akan dibekali lewat pelaksanaan Training Of Trainer (TOT),  agar tenaga pendamping desa dapat bekerja secara profesional.

Soal berapa jumlah pendamping dana desa yang akan direkrut, Rafiqa tidak menyebut angka pasti. Namun setiap pelamar harus punya ijazah S1 semua jurusan.

“Nanti akan disosialisasikan, namun pada intiknya dibutuhkan banyak orang, dan berijazah sarjana,” pungkasnya.

Diketahui,  gaji yang diusulkan Menteri Desa Marwan Jafar untuk tenaga pendamping desa, nominalnya di atas Upah Minimum Regional. Untuk pendamping desa tingkat kecamatan, gajinya dibanderol Rp 3,5 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat kabupaten dipatok Rp 7,5 juta, dan untuk pendamping level provinsi Rp 14 juta. (uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.