Diduga Tercemar, BLH Pantau Sungai Moayat

Bagikan Artikel Ini:

BLH Sulut

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara (BLH Sulut), meninjau langsung langsung kondisi Sungai Moayat di Desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan. Itu dilakukan karena belakangan terinformasi, pekan lalu, tepatnya tanggal 18 Agustus 2015, ribuan ikan mendadak mati di persawahan sekitar Sungai Moayat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kotamobagu Muarif Podotulo, mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke BLH Sulut, karena alat yang dimiliki BLH Sulut telah terakreditas sesuai standar nasional untuk uji laboratorium. Oleh sebab itu, kata Muarif, BLH Kotamobagu segera berkoordinasi dengan BLH Sulut, yang diminta turun tangan melakukan penelitian terkait penyebab kematian ribuan ikan itu.

Sementara itu, Yeti Paputungan, warga Poyowa Besar I yang tinggal tak jauh dari Sungai Moayat, mengisahkan bahwa, dirinya melihat langsung bagaimana ikan-ikan di sungai dan kolam milik warga, berloncatan hendak keluar dari air lalu menggelepar dan dalam sekejap langsung mati. Dirinya menduga, Sungai Moayat tercemar oleh adanya aktivitas tambang yang limbahnya dialirkan ke Sungai Moayat.

Arfan Basuki, Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan BLH Provinsi Sulawesi Utara, saat dimintai keterangan ketika dirinya berada di lapangan, mengatakan,  pihaknya akan mengambil sampel air Sungai Moayat dan akan diperiksa di laboratorium, untuk memastikan, apa yang menyebabkan ikan-ikan mati.

Pihaknya juga akan mengambil sampel yang sudah diambil BLH Kotamobagu sebelumnya, untuk dibandingkan dengan sampel yang baru mereka kantongi di SUngai Moayat, Senin 24 Agustus 2015.

Arfan juga mengatakan, berdasarkan pantauan langsung, di Sungai Moayat,  ada aktifitas penambangan Galian C, namun untuk memastikan apakah ada pencemaran atau karena faktor alam saja, nanti akan diketahui setelah pemeriksaan di laboratorium akan dilakukan.

“Paling lama 14 hari dan hasil uji laboratorium akan segera diketahui,” singkat Arfan. (Upink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.