ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Swempie Soroti Kepala Puskesmas

Bagikan Artikel Ini:

image
Ilustrasi pengisian BBM. Insert : Swempie Rugian

ARUSUTARA.COM, BOLMONG  – Anggota Legislative Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (DPRD Bolmong), Swempri Rugian, menyoroti  sejumlah Kepala Puskesmas (Kapus) yang ditengarai menyalahgunakan dana belanja Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan Ambulance, dengan total anggaran sebesar Rp.142 juta, tahun anggaran 2014.

Swepri menyampaikan, dana  operasional untuk kendaraan Ambulance yang tertata dalam APBD 2014 itu, digunakan secara pribadi oleh beberapa Kapus, dan sebagai ganti uang BBM, oknum Kapus mengambilnya dari dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama 2 Triwulan.

“Ini menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan,” beber Swemprie, kepada media ini, Rabu 19 Agustus 2015 .

Menurunya, hal itu bertentangan dengan Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana diubah terakhir dengan Permendagri Nomor 21 tahun 2011, tentang perubahan kedua atas permendagri No 13 Tahun 2006 Pasal 132 Ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap pengeluaran belanja atas beban APBD harus didukung dengan bukti yang lengkap dan sah.

Dengan  kondisi tersebut, lanjut Swemprie, kuat dugaan, ada kerugian keuangan daerah sebesar Rp.142 juta yang dilakukan oleh sejumlah Kapus, yang dengan sengaja telah menyelewengkan wewenang dan jabatanya untuk memperkaya diri sendiri .

Meski tidak menyebutkan, Kepala Puskesmas mana yang diduga melakukan penyelewengan anggaran BBM tersebut, Swemprie menyampaikan, sebagai Anggota DPRD, dirinya meminta pihak penegak hukum, dalam hal ini Kejaksaan Negeri Kotamobagu dan Polres Bolmong, mengusut kerugian Negara yang dilakukan oleh sejumlah oknum Kapus tersebut . (Rinto)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.