ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Terapkan Sistem Kas Online

Bagikan Artikel Ini:

image

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU -Salah satu terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot KK) dalam rangka mewujudkan transparansi pengelolaan keuangan daerah, semua sistem laporan keuangan dan berbagai transaksi uang daerah yang tertata dalam APBD, dapat diakses melalui internet.

Kepala Bidang Anggaran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Syarifudin Abas mengatakan, penerapan sistem Kas Daerah secara online ini, dilalakukan puka untuk dapat mengatasi kesalahan dalam proses pemindah-bukuan, dan mempersingkat waktu dalam proses transaksi. Selain itu yang paling utama adalah transparansi dalam pengelolaan.

“Ada perubahan yang sangat mendasar jika dibandingkan dengan sistem sebelumnya. Nah, dengan sistem kas online ini, dalam penginputan surat permintaan pembayaran (SPP) dan surat perintah membayar (SPM), akan langsung tercatat di SKPD tertentu yang melakukan transaksi. Kalau sebelumnya hanya tercatat di nomor rekening dan nama bendahara,” kata Abas.

Ditambahkan pula olehnya, kalau yang tidak berubah hanyalah proses pencairan yang tetap dilakukan bendahara agar tidak ada perubahan data.

Meski demikian, disampaikan pula olehnya kalau saat ini, masih ada keluhan dari SKPD terkait dengan sistem kas online ini. Namun dia menyatakan,  adalah hal wajar karena sistem ini baru diluncurkan dan pihak SKPD masih tahap penyesuaian.

“Ini merupakan sebuah inovasi dalam pengelolaan dan transparansi soal keuangan derah. Memang masih hal baru namun ini adalah perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Dengan sistem ini para SKPD akan lebih cepat dalam hal pemindahbukuan jadi tidak perlu secara manual,” pungkasnya. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.