ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

DANA DESA BOLMONG NAIK 100%

Bagikan Artikel Ini:

Dana DesaARUSUTARA.COM BOLMONG—Dana Desa (Dandes) untuk Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahun 2016, tercatat naik hingga seratus persen lebih. Pasalnya, Dandes pada tahun 2015, tercatat Rp 53 miliar, dan pada tahun 2016 ini menjadi Rp 119 miliar. 

Hal ini sebagaimana dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Drs Ashari Sugeha, (Kamis 14 Januari 2016).“Dana sebesar Rp 119 miliar itu, nantinya diperuntukan untuk 202 Desa yang terbagi di 15 kecamatan,” kata Ashari, kemarin.

“kenaikan Dandes ini, bisa dilihat dari struktur Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang mengakomodir dana tersebut naik dua kali lipat pada 2016. Di Bolmong sendiri lanjutnya, saat ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) sedang menghitung Pagu Anggaran untuk setiap Desa.“Bisa jadi, setiap Desa di Bolmong akan mengelola anggaran sebesar Rp600 juta,” ujarnya.

“kenaikan dana desa tersebut harus bekerja sama dengan kesiapan desa dalam mengelolanya.

Sementara itu, pendamping desa tingkat kecamatan Lolak, Supandri Damogalad, mengatakan pada awal 2016 ini, pihaknya memacu proses perencanaan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.“Termasuk, melakukan review dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)”katanya

serta Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes),” katanya. “Kita mulai mendampingi dan memfasilitasi desa-desa dalam penyusunan RKPDes,” tambahnya.(Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.