ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Apa Kabar Kasus Reses DPRD Bolmong

Bagikan Artikel Ini:
Rafiq Mokodongan, aktivis Suara Bogani
Rafiq Mokodongan

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Rafiq Mokodongan, aktivis Suara Bogani, mempertanyakan soal lambannya penuntasan kasus reses anggota DPRD Bolaang Mongondow (Bolmong) periode 2009 – 2014. Padahal, menurutnya, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sudah mengeluarkan keputusan TGR (Tuntutan Ganti Rugi) terkait penggunaan dana reses yang peruntukannya menyimpang.

Terlebih lagi, lanjut Rafiq, sejak 2 tahun silam, penggeledahan yang dilakukan Kejaksaan Negeri Kotamobagu (Kejari) di Kantor DPRD Bolmong, berhasil menguak fakta penyelewengan tersebut.

“Sampai saat ini kan baru ada 2 staff DPRD Bolmong yang statusnya ditetapkan sebagai tersangka. Nah, jangan sampai kedua oknum ini hanya dijadikan tumbal. Sementara yang lainnya, terutama pengguna dana reses yang diselewengkan itu, justru lolos jeratan hukum, atau malah diloloskan,” sembur Rafiq.

Terkatung-katungnya penuntasan kasus ini, lanjut dia, hanya akan memberikan presenden buruk bagi Kejari.

“Apalagi Kejari baru saja diguncang isu dan persoalan tak sedap, sehingga mempengaruhi struktur dan komposisi personalia didalamnya. Tentu kita sudah tahu bersama itu sebab sudah bukan rahasia umum lagi,” katanya.

“Nah,untuk menjaga nama institusi penegak hukum supaya dapat dipercaya kembali, seharusnya kasus reses yang terkatung-katung dan terkesan pilih-pilih tersangka ini, segera dituntaskan,” tandasnya.

Sementara diketahui, beberapa waktu lalu, Kepala Kejari Kotamobagu yang baru, Dasplin SH MH, dihadapan sejumlah wartawan mengatakan bahwa soal kasus reses DPRD Bolmong, memang ditargetkan akan selesai tahun ini juga. Berkas perkara juga sedang dirampungkan supaya akan segera ke tahap II.

Dasplin mengaku bahwa pihaknya berkomitmen segera menyelesaikan kasus tersebut. Dia bahkan berjanji akan menjerat semua oknum yang terbukti bersalah dalam reses fiktif tersebut.(Tm/Ars/Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.