Kasat Pol-PP : Agus Suprijanta Tak Paham Tupoksi

Bagikan Artikel Ini:
Kasat Pol-PP Sayaha Mokoginta dan Agus Suprijanta
Kasat Pol-PP Sayaha Mokoginta dan Agus Suprijanta

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot Kotamobagu), berencana membentuk tim yang dinamakan tim Kura-kura Ninja (KKN).

Dikatakan Kepala Satpol PP Pemkot Kotamobagu, Sahaya Mokoginta, tim dibentuk dengan maksud agar kinerja Satpol-PP dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum di Kotamobagu, akan lebih maksimal.

Agus Suprijanta, Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, mengomentari rencana pembentukan tersebut. Dikatakannya, rencana Satpol-PP  membentuk tim Kura-Kura Ninja, tidak berpegang pada aturan yang menjadi landasan kerja Satpol-PP, sebagaimana yang diatur lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 tahun 2010.

“Satpol-PP sudah mengambil-alih tugas kepolisian. Jadi fokus saja dalam tugas menegakkan peraturan daerah dan tak usah mencampuri tugas kepolisian,” kata Agus.

Selain itu, lanjut Agus, pembentukan tim bernama Kura-Kura Ninja, berlandaskan pada payung hukum yang mana. Menurutnya, harus jelas regulasi mana yang dipakai terkait pembentukan tim tersebut.

“Apa landasan hukum pembentukan tim itu? regulasinya harus jelas. Jangan sibuk mengurus hal yang bukan tanggung jawab Satpol PP sementara tugas pokok dan fungsi terabaikan,” tandasnya, Selasa 02 Februari 2016.

Ditemui terpisah, Kepala Satpol-PP Pemkot Kotamobagu, Sahaya Mokoginta, menanggapi pernyataan Agus Suprijanta, saat dihubungi Rabu 3 Februari 2016.

Dikatakan Sahaya, pernyataan Agus itu keliru sebab pembentukan Tim Kura-Kura Ninja bermaksud untuk memaksimalkan kinerja Satpol PP dalam hal menjaga keamanan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di daerah ini.

“Tim yang akan dibentuk ini tidak bertentangan dengan tupoksi Satpol PP, karena sesuai dengan undang-undang nomor 23 tentang pemerintah daerah, dalam hal pembagian kewenangan penanganan dalam bidang pertahanan, keamanan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” kata Sahaya.

Selain itu, lanjutnya, Satpol-PP  ikut membidangi ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.K

“Pak Agus tidak paham soal tupoksi Satpol-PP. Seharusnya selaku wakil rakyat, dia harus mendukung program ini karena program ini tidak menyalahi aturan serta sesuai dengan tupoksi,” timpal Sahaya (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.