ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Kecewa, Sangadi Lobong Sentil Gabung Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Sangadi Lobong Agneda Musrenbang
Kepala Desa (Sangadi) Lobong, saat menyampaikan protes di agenda Musrenbang

ARUSUTARA.COM BOLMONG – Agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Passi Barat, yang diselenggarakan di BPU Desa Otam Barat, Selasa 9 Februari 2016, sempat menegang.

Pasalnya, ketika Ramlah Mokodongan, SE.Msi, selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bappeda Bolmong) diberi kesempatan mempresentasikan slide rencana pembangunan, tidak tertera di layar, usulan masyarakat Desa Lobong dan Inuai, terkait program Air Bersih, sebagaimana yang mereka usulkan sebagai program kegiatan yang masu skala prioritas.

Alhasil, usai Kepala Bappeda mempresentasikan rencana pembangunan tahun anggaran 2016, Sangadi Desa Lobong dan Desa Inuai, protes dan mengambil langkah walk out, alias keluar ruangan tidak mengikut pembahasan agenda Musrenbang.

Sangadi (Kepala Desa) Lobong bahkan sempat tampil ke depan. Melalui microphone, menyampaikan protes yang pada intinya, mengaku kecewa tidak masuknya program kegiatan yang diusulkan. Sangadi bahkan menyentil akan bergabung masuk wilayah Pemerintah kota Kotamobagu.

“Kami merasa dianak-tirikan oleh pemerintah Bolmong. Kalau begini, maka kami masyarakat Lobong gabung saja dengan Kota Kotamobagu,” kata Sangadi Lobong.

Bergantian, Kepala Bappeda lantas menjelaskan kalau pihak Bappeda hanya menjadi fasilitator dan perencana terkait apa saja program yang dimasukkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau masing-masing instansi di Pemkab Bolmong melalui Bappeda. Selain itu, kata Ramlah menjelaskan, ada beberapa indikator yang harus menjadi perhatian dan faktor penentu terkait rencana pembangunan, diantaranya ; keterbatasan dana APBD, skala prioritas program kegiatan yang diusulkan, dan aspirasi yang masuk. Ramlah juga menjelaskan bahwa, program kegiatan yang diusulkan dari Desa tidak semata melalui Musrenbang, melainkan ada yang disampaikan melalui Reses DPRD Bolmong.

Kepala Bappeda Bolmong, Ramlah Mokodongan,SE,MSi
Kepala Bappeda Bolmong, Ramlah Mokodongan,SE,MSi

“Apa yang dimasukan instansi terkait, itulah yang masuk dalam sebuah perencanaan pembangunan. Dan yang dimasukkan itu sudah melalui proses atau mekanisme yang ada, terutama menyangkut skala prioritas program. Tentu sekalian memperhatikan usulan yang disampaikan juga melalui reses dewan yang menampung aspirasi dari bawah, alias dari masyarakat,” kata Ramlah.

Lebih lanjut, Ramlah juga mengatakan tidak akan berdebat lebih panjang terkait protes yang disampaikan Sangadi Lobong dan Sangadi Inuai. Kepada Sangadi yang walk out dari agenda Musrenbang tersebut, Kepala Bappeda hanya menanggapinya dengan mengatakan, buat semacam surat pernyataan atau penyampaian yang ditanda-tangani bersama sejumlah perangkat desa yang bersangkutan, sebagai penegasan bahwa tidak akan mengikuti lagi agenda Musrenbang.

“Saya tidak ingin berbantahan atau berdebat panjang lebar di sini. Tapi kalau Sangadi tetap mau walk out, maka buatlah surat pernyataan bersama semua perangkat (pemerintah dese yang bersangkutan) bahwa memang tidak ingin mengikuti pembahasan dalam agenda Musrenbang,” kata Ramlah.

Camat Passi Barat, Inangkum Mokoginta.SE, ikut menyesalkan aksi walk out Sangadi Lobong dan Sangadi Inuai. Namun demikian ia menghargai sikap yang dilakukan kedua Sangadi tersebut.

“Saya menyayangkan sikap yang dipilih Sangadi Lobong dan Inuai. Namun demikian, saya memaklumi kalau inilah dinamika pembangunan. Saya berharap Sangadi dan perangkat desa lainnya yang tersisa untuk tetap berada di tempat,” kata Camat.

Pembahasan lantas terus berlanjut hingga agenda Musrenbang ditutup. Bupati Salihi Mokodongan, sempat hadir dalam agenda Musrenbang. Namun saat agenda Musrenbang agak alot, Bupati sudah tidak berada di tempat karena ada agenda lain yang harus dihadiri. (Yudi/Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.