ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Rukmini: Saya Tegaskan Dana BOS Harus Tepat Sasaran

Bagikan Artikel Ini:

Rukmini Simbala

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Kotamobagu menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), lewat rekening masing-masing sekolah, dari tingkat SD, SMP SMA dan SMK sederajat.

Dikatakan Rukmini Simbala selakau Kepala Dikpora Kotamobagu, total anggaran yang disalurkan adalah Rp 27,2 Milyar.

“Ini untuk penyaluran pada triwulan pertama. Sedangkan untuk triwulan kedua, akan disalurkan pada bulan April Mendatang,” kata Rukmini.

“Penyaluran dana BOS ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukan. Jangan dipergunakan secara sembarang apalagi diselewengkan karena kami akan melakukan pemantauan,” tegasnya.

Rukmini juga menandaskan, penggunaan dana BOS ini harus sesuai juknis. Dikatakannya ada 13 item dalam juknis. Di antaranya, pengembangan perpustakaan, kegiatan penerimaan siswa baru, kegiatan ulangan dan ujian, kegiatan pembelajaran dan eskul siswa, pembelian habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, pengembangan profesi guru, membantu siswa miskin, pembelian perangkat komputer pembelian bahan habis pakai, pembiayaan pengelolaan BOS dan pembayaran honorarium bulanan guru honorer serta tenaga kependidikan honorer,.

“Diharapkan kepada komite sekolah dan wali murid agar bisa mengawasi perjalanan dana BOS. Jika ada penyelewengan atau tidak sesuai peruntukannya, maka segera dilaporkan ke Dinas Pendidikan,” tandas Rukmini.

Diketahui besaran dana yang disalurkan khususnya di Kotamobagu, untuk Sekolah Dasar sebesar Rp 9.558.400, untuk tingkat SMP Negri dan Sawasta Rp 6,374.000, untuk SAM Negri dan Swasta Rp 3.935,400. Dan untuk SMK Negri dan Swasta sebesar 7,393,400. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.