ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Wakil Walikota Terima Hasil Evaluasi Kinerja Pemerintahan

Bagikan Artikel Ini:

Copy of Wakil Walikota

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Wakil Walikota Kotamobagu Jainudin Damopolii, Jumat 05 Januari 2016, menerima Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kabupaten/Kota Tahun 2015, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Agenda tersebut digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia lewat Forum Pendayagunaan Aparatur Negara.

Penyerahan hasil evaluasi LAKIP Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Timur dan se-Sulawesi tahun 2015 ini, diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia, Yuddy Chrisnandi.

Dalam penyerahan tersebut, Pemerintah Kota Kotamobagu mendapat nilai C bersama dengan sejumlah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara. Sedangkan Kota Manado yang mendapatkan nilai B.

Nilai tersebut menunjukkan tingkat akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi menyampaikan, biasanya kegiatan penyerahan hasil tersebut dilaksanakan di Kantor Kementerian PAN dan RB. Namun kali ini kegiatan dilaksanakan di Surabaya. Alasannya Jawa Timur adalah salah satu Propinsi yang mendapatkan predikat Nilai A.

Chrisnadi juga menambahkan, saat ini kita berada pada zona kompetisi. Sehingga kita dituntut profesional dan unya kemampuan menata kelembagaan dan keuangan, karena dalam indeks persaingan global, Indonesia masih berada di peringkat 33. Diharapkan Kabupaten/Kota dapat mengatur tata kelola pemerintahanya sebaik mungkin.

Chrisnadi juga menekankan agar Kabupaten/kota juga dapat menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP), sehingga nantinya apa yang menjadi Visi-Misi pemerintah akan dapat dilaksanakan. (Hms/Tm/Ars)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.