ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Yanti : Adopsi Anak Tidak Sembarang

Bagikan Artikel Ini:

yanti Dinsos

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaker) Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot Kotamobagu) melalui Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Yanti Pontoh, mengatakan, untuk bisa mengadopsi anak, calon orang tua diwajibkan mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah, harus mengantongi rekomendasi dari pemerintah.

“Mengangkat anak atau mengadadopsi anak boleh boleh saja, Namun harus melalui proses dan prosedur yang benar dan sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah, ” kata Yanti, Jum’at 26 Februari 2016.

Dijelaskan Yanti bahwa proses tersebut di antaranya; orang tua angkat harus membuat permohonan surat penyataan penyerahan anak dari orang tua kandung. Surat tersebut diberi materai, selanjutnya menyiapkan foto copy KTP orang tua kandung, foto Copy KTP orang tua angkat/asuh, foto copy Akta Nikah orang tua kandung, foto copy Akta Nikah orang tua angkat, foto copy Kartu Keluarga orang tua kandung, dan foto copy Kartu Keluarga orang tua angkat.

“Dari hasil permohonan itulah dinas sosial akan mengajukan rekomendasi untuk Dinsosnaker Propinsi Sulawesi Utara untuk memberikan surat rekomendasi ke orang tua angkat untuk di bawah ke pengadilan yang akan menyidangkan proses adopsi anak,” urai Yanti.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum surat rekomendasi keluar, Dinsos akan melakukan kunjungan ke rumah orang tua angkat, apa layak mengadopsi anak atau tidak.

“Itu penting untuk melihat apakah dari segi kemampuan ekonomi orang tua angkat bisa melakukan pengasuhan atau tidak. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa anak tersebut berada di tangan orang yang tepat,” tandasnya.

Ini merupakan langkah maju pemerintah untuk lebih menguatkan hak dari anak tersebut bila di kemudian hari terjadi masalah dalam keluarga.

Dirinya berharap, kepada masyarakat yang ingin mengangkat atau mengadopsi anak agar supaya bisa mengikuti prosedur yang ada, demi kebaikan bersama.

Dikatakan Yanti, untuk saat ini, sudah ada 3 permohonan yang masuk ke Dinas Sosial terkait adopsi anak. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.