ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Akan Pelajari Isntruksi Presiden Terkait Perizinan

Bagikan Artikel Ini:
Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU — Instruksi Presiden RI Joko Widodo, tertanggal 16 Maret 2016, ke pemerintah daerah terkait penghapusan 6 izin usaha, akan segera ditindak-lanjuti Pemerintah Kota Kotamobagu.

Demikian dikatakan Sekretaris Kota, Tahlis Gallang saat, Selasa 05 April 2016, saat ditemui di ruang kerjanya.

“Instruksi presiden untuk melunakkan masuknya investasi ke daerah, tentu sangat baik. Ini merupakan langkah strategis yang bertujuan membuka peluang usaha bertumbuhan. Namun demikian kita tetap melihat aturan lainnya,” kata Tahlis.

Ditemui terpisah, Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kotamobagu, Noval Manoppo, mengungkapkan, pihaknya akan menyesuaikan dengan aturan pendukung lainnya berupa Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) ataupun Petunjuk Teknis (Juknis) terkait Instruksi tersebut.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk pelaksanaannya seperti apa. Tetapi, instruksi tersebut sudah cukup jelas, tinggal kita menyesuaikan. Jika sudah ada investor masuk, sudah tidak perlu mengurus izin HO, dan lainnya,” jelas Noval.

Lanjut, Noval berharap ada penegasan dalam beberapa hal terkait gangguan keamanan dan kebersihan lingkungan dalam perizinan lainnya, “Boleh saja Amdal dan HO dihapus, tetapi mungkin di IMB sudah termasuk pengurusan Amdal dan HO-nya,” jelasnya.

Diketahui, Izin yang dimaksud dalam Instruksi Presiden tersebut yakni izin gangguan, izin tempat usaha, izin prinsip bagi IKM (Industri Kecil Menengah), izin lokasi dan izin Amdal. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.