ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Perwakilan Keraton, Temui Paguyuban Asal Jogja di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

Perwakilan Keraton Jogja

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU– Keberadaan Paguyuban masyarakat Jawa asal Yogyakarta di Kota Kotamobagu, membuat perwakilan dari Keraton Yogyakarta, Selasa 19 April 2016, mengunjungi Pemerintah Kota Kotamobagu.

Dikatakan Rio Lombone, Kepala DPPKAD Pemkot Kotamobagu, saat mendampingi Sekkot Tahlis Galang, kedatangan pihak Keraton Yogyakarta ke Kotamobagu, bermaksud membangun hubungan kebudayaan, serta untuk menyerap aspirasi Paguyuban Jawa yang bermukim di Kotamobagu.

“Pemkot Kotamobagu telah memfasilitasi pertemuan paguyuban Yogyakarta di Kotamobagu yakni Morgo Rukun, bertemu langsung dengan perwakilan dari Kraton” kata Rio.

Dia juga mengatakan, selain Kotamobagu, perwakilan Keraton Yogyakarta juga akan mengunjungi dua daerah lain di Bolaang Mongondow Raya, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Akmal Malik, selaku pihak perwakilan Keraton mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan pula untuk membangun hubungan kebudayaan dengan Pemkot Kotamobagu.

Ia membeberkan kalau, Yogyakarta mendapat dana keistimewaan yang cukup besar. Dimana, anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk pengadaan alat bidang kesenian dan pakaian tradisional, yang nantinya akan diserahkan kepada Paguyuwan Jawa (Yogyakarta) yang ada di Kotamobagu.

“Kami hendak menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat, sekalian dengan paguyuban jawa disini, dimana kami akan memfasilitasi mereka berupa dukungan dana untuk pengadaan alat keseniaan dan kebudayaan,” kata Akmal Malik, yang diketahui menjabat pula sebagai Kasubdit Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kalau pihaknya berencana akan menggelar pentas budaya Jawa, yang nantinya akan dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono di Kota Kotamobagu. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.