ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemprop Akan Bantu Turunkan Tim Pengendali Hama Kelapa di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Salah satu hama (Ulat Api) jenis Sethosea yang menyerang pohon kelapa
Salah satu hama (Ulat Api) jenis Sethosea yang menyerang pohon kelapa

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU — Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara (Pemprop Sulut), akan turunkan tim untuk membantu pengendalian hama kelapa di Kotamobagu, yang saat ini sedang ditangani pihak DP4K-KP (Dinas Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan).

Hal tersebut disampaikan Hardi Mokodompit selaku Kepala DP4K-KP, saat ditemui awak media, Senin 02 Mei 2016, di ruang kerjanya. “Pemprop sudah berjanji akan menurunkan tim untuk membantu kami melakukan penanganan hama ulat api yang menyerang tanaman kelapa di Kotamobagu,” kata Hardi.

Menurutnya, penanganan hama ulat api yang telah menyerang perkebunan kelapa di Desa Kobo Kecil dan Kelurahan Motoboi Kecil Kota Kotamobagu, ikut menjadi kewenangan pihak Propinsi karena kejadiannya disebut kejadian lintas daerah.

“Awalnya kan hama tersebut menyerang perkebunan kelapa di Kecamatan Modayag di Kabupaten Boltim. Sehingga karena lintas daerah, menjadi kewenangan pihak Propinsi,” terang Hardi.

Lebih lanjut Hardi mengatakan, saat pihaknya melakukan pengecekan terakhir ke Propinsi, pengadaan obat untuk menangani hama ulat api tersebut, sedang dalam tahap pengadaan.

Diketahui, ulat api adalah larva dari ngengat, yang terdeiri dari beragam jenis. Ulat ini memang menyerang daun kelapa hingga habis. Beberpa jenis yang biasa menyerang, di antaranya Setothosea asigna, Setora nitens, Darna trima, Darna diducta, Darna bradleyi, Thosea vestusa, Thosea bisura, Susica pallida, dan Birthamula chara.

Ulat ini akan menimbulkan kerusakan pada bagian daun tanaman hingga 40-80 persen. Untuk pengendaliannya, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni metode penyemprotan menggunakan cairan kimia insektisida, dan metode injeksi dengan cara menyuntikkan cairan kimia di tanaman kelapa. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.