ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Rombak OPD, Empat SKPD Kotamobagu Bakal Hilang

Bagikan Artikel Ini:

Sarida-MokogintaARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU–Perombakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesuai dengan surat edaran dari kementerian dalam negeri (Mendagri), ada empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu akan dihilangkan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum Sarida Mokoginta, pihak Pemkot akan melakukan pemetaan mana SKPD atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang harus berdiri sendiri dan digabung.

“Ini sebenarnya agenda nasional, serentak dilakukan oleh pemerintah kabupaten kota di Indonesia sesuai dengan edaran mendagri,” ujar Kabag Hukum Sarida Mokoginta, saat diwawancarai di kantornya, senin (13/6 kemarin.

Adanya perombakan OPD di Kotamobagu dan kabupaten kota di seluruh Indonesia terkait akan disahkannya peraturan pemerintah (PP) pengganti PP Nomor 41 Tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah.

“Ada beberapa yang perlu disesuaikan. Jadi kemungkinan RPP tersebut akan disahkan pada bulan ini. Ketentuan dalam pemetaan OPD yaitu dua bulan setelah disahkan PP mengenai OPD, kab kota seluruh Indonesia sudah harus menetapkan OPD yang baru. Sekitar Agustus batas akhir tapi kita sudah lakukan pemetaan sejak saat ini,” ujar Sarida.

Senin nanti semua pimpinan SKPD terkait pemetaan OPD baru sesuai jadwal kemendagri akan melakukan evaluasi di Provinsi, Itu dilaksanakan dua hari pada tanggal 13, dan 14 Juni.

“Empat SKPD yang kemungkinan besar akan hilang berdasarkan pemetaan yang dilakukan pada Jumat (10 Juni 2016) antara lain Dinas Tata Kota, Badan Narkotika Kotamobagu, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan BP4K dan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP),”

“Untuk dinas lain ada yang mengalami perubahan nama namun urusannya tetap, ada pula yang urusannya berkurang namanya tetap,” ujar Sarida

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.