ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Raker Pendirian BUMDes, Bank BNI Buka Layanan di Desa

Bagikan Artikel Ini:

Raker Bumdes

ARUSUTARA.COM, LOLAK – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Pemkab Bolmong), Kamis 28 Juli 2016, menggelar Rapat Kerja Sosialisasi Pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), bertempat di ruang rapat kantor Sekretariat Daerah Pemkab Bolmong.

Meski sempat molor 2 jam dari agenda yang ditetapkan yakni pukul 09:00 WITA, rapat kerja tersebut tetap dilaksanakan dan dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Bolmong Nixon Watung, pukul 11:00 WITA.

Nixon turut didampingi Sekda Bolmong Ashari Sugeha dan Kepala BPMD Sunge Paputungan, menghadirkan nara sumber dari Bank BNI Manado, BNI Kotamobagu, dan BNI Lolak.

Mengawali rapat, pada kesempatan sambutan, Nixon menyampaikan bahwa Bolmong kaya akan sumber daya alam. Hal tersebut menurutnya harus dimanfaatkan rakyat dalam rangka peningkatan ekonomi. Selain menyinggung usaha pertanian dan perikanan, penjabat Bupati Bolmong yang belum lama dilantik ini, ikut menyentil soal potensi pariwisata. Menurutnya, masyarakat harus punya ide kreatif untuk mengelola objek-objek pariwisata termasuk yang ada di desa masing-masing.

“Bolmong kaya akan sumberdaya alam. Tanahnya subur dan hampir semua masyarakat memiliki lahan untuk ditanami sehingga menunjang pendapatan. Bidang pariwisata juga semestinya dapat dijadikan peluang untuk mendatangkan pendapatan,” katanya.

Oleh sebab itu, tambah Nixon, seluruh Sangadi (Kepala Desa) di masing-masing wilayah, dihimbau agar segera melakukan musyawarah desa terkait pembentukan BUMDes.

“Nah, melalui BUMDes inilah, peluang berusaha di berbagai sektor semakin terbuka lebar. Oleh sebab itu, saya sengaja mengajak pihak terkait dalam hal ini Bank BNI, agar dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam rangka pendirian BUMDes,” terangnya.

Nara sumber dari Bank BNI turut memberi pemaparan terkait program dan dukungan mereka dalam rangka memfasilitasi pendirian BUMDes di Desa masing-masing. Salah satu program yang ditawarkan pihak BNI adalah bekerjasama dengan pihak BUMDes melalui program Bank Mini BNI melalui produk Laku Pandai.

Dijelaskan bahwa melalui produk tersebut, pelayanan BNI terhadap semakin dekat ke masyarakat. “Jadi Laku Pandai ini semacam Bank BNI Mini di Desa yang bekerjasama dengan Bumdes. Semua layanan perbankan sudah bisa dimulai dari desa, mulai dari urusan setoran, penarikan, transfer, pembayaran, bahkan kredit usaha,” kata Grace Lumowa salah satu nara sumber dari BNI. (Win)

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.