ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Akan Kenakan Pajak Rumah Kos

Bagikan Artikel Ini:

Rmh-kos

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Sejumlah usaha rumah kos di Kotamobagu yang punya kamar di atas 10, akan di kenakan pajak  pendapatan oleh Pemerintah Kotamobagu. Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Kotamobagu, Hamka Daun, pada awak media, Kamis 15 September 2016.

“Sesuai Perda, usaha rumah kos di Kotamobagu sudah akan dikenai pajak. Ini akan diberlakukan mulai bulan depan. Tapi yang akan dikenakan pajak itu hanya kos yang punya kamar di atas sepuluh,” kata Hamka. DItambahkannya,  besaran angkanya berdasarkan Perda adalah 10 persen pendapatan per kamar.

Kebijakan ini memang menuai tanggapan dari pemilik rumah kos.  Mustari Talamati contohnya, pemilik kos ini mempertanyakan perhitungan 10 persen yang dikenakan Pemkot.

“Jujur saja, sampai saat ini kami tidak pernah menerima sosialisasi dari Pemkot terkait pemberlakuan pajak untuk kos-kosan. Kami merasa keberatan dengan besaran pajak sebesar 10 persen per kamar sebagaimana yang ditetapkan pemkot,” keluhnya.

Olehnya ia meminta agar Pemkot meninjau kembali keputusan Perda tersebut. Ia juga mengatakan, dengan pemberlakuan pajak kos tersebut, pihaknya juga tidak akan serta merta menaikan tarif kos, karena merasa akan membebankan penghuni. (Yudi) 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.