ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Massa Pendemo Mengacau di Kantor KPUD Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

Pasukan pengaman Pilkada

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Situasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Bolaang Mongondow (KPUD Bolmong) di Motabang Kecamatan Lolak, Rabu, 26 Oktober 2016, rusuh. Ratusan masa pendemo mulai tidak terkontrol dan bertindak brutal. Mereka  mendesak KPUD Bolmong segera mengubah keputusan karena dianggap memihak salah satu pasangan calon.

“Kami tidak menerima keputusan KPU. Keputusan ini sangat merugikan kami. Seharusnya  KPU bersikap adil dan tidak memihak salah satu pasangan calon,” teriak masa pendemo.

Karena tidak ditanggapi, amarah para pendemo kian memuncak. Mereka bahkan nekat berhadap-hadapan dengan petugas kepolisian dan terlibat kontak fisik. Tak itu saja, para pendemo mulai membakar ban bekas dan melempari petugas dengan batu. Petugas nampak tetap berusaha tenang meski terus dilempari batu dan botol air mineral. Berlindung dengan tameng yang terus pula dipukul undur pendemo.

Massa pendemo yang kian brutal coba diamankan petugas. Satu mobil watter cannon mengikuti dari belakang sembari menyemprotkan air bertegangan tinggi itu ke arah masa. Petugas pun mulai memukul undur para pendemo. Kapolres Bolmong, AKBP. William Simanjuntak, SIK, memperingatkan masa agar segera mundur dan membubarkan diri.

Watter cannon terus disemprotkan atas perintah Kapolres. Petugas mulai maju. Massa akhirnya kocar kacir dan mengambil langkah mundur menjauhi kantor KPUD Bolmong.

Petugas membentuk  barisan tameng dan maju perlahan-lahan menggertak masa agar terus. Mass berhamburan lari. Petugas menyisir lokasi lalu menangkap beberapa pelaku demo yang bertindak brutal dan memasukannya ke dalam mobil petugas. Situasi akhirnya dapat dikendalikan.

Peristiwa di atas adalah simulasi pengamanan alias latihan yang dilakukan Polres Bolmong dalam mengantisipasi adanya gangguan keamanan saat Pilkada 2017. Simulasi juga bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan pasukan di lapangan. Diketahui ada 600 personil kepolisian yang disiapkan untuk pengamanan Pilkada Bupati Bolmong 2017.

Turut hadir dalam simulasi tersebut, Penjabat Bupati Bolmong, Kapolda Sulut, Dandim 1303 Bolmong, Ketua DPRD Bolmong dan beberapa anggota, Ketua KPUD Bolmong bersama jajarannya, Panwaslu, Kejari, Walikota Kotamobagu, Tokoh Adat, Forkopimda, dan dua pasangan calon  Bupati – Wakil Bupati Bolmong. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.