ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Siapkan Software Untuk Tanda-tangan Online

Bagikan Artikel Ini:

noval-manoppo

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot) berencana meluncurkan aplikasi yang mendukung penandatanganan secara online. Disampaikan Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, aplikasi tersebut akan digunakan kepala instansi pemerintahan yang mempunyai kewenangan menerbitkan ijin atau dokumen lainnya.

“Tahun depan kita akan memiliki sistem penandatanganan secara online. Ini untuk mempermudah pelayanan bila sewaktu-waktu pimpinan instansi keluar daerah atau sedang dalam tugas luar,” kata Tatong, Senin 31 Oktober 2016.

Dengan adanya aplikasi tersebut, lanjut Tatong, pengurusan izin tidak akan terkendala sekalipun pimpinan instansi sedang tidak berada di tempat dan diperlukan tanda-tangan.

Sementara itu, Noval Manoppo, Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kotamobagu, menyampaikan kepada media, pihaknya memang telah menyiapkan aplikasi khusus untuk penandatanganan online. Namun masih diperlukan peraturan  hukum yang mengikat.

“Aplikasi sudah ada, tapi kita harus mempunyai aturan hukum yang mengikat terkait penggunaan sofware itu,” kata Noval. Menurutnya aplikasi online itu harus didukung perangkat hukum sehingga tidak ada masalah ketika pengurusan izin ditanda-tangani pejabat berwenang secara online.

Ia menambahan, pihaknya memerlukan studi khusus atau semacam studi banding ke  daerah lain yang telah menggunakan aplikasi tersebut. (Yudi)

  

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.