ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Warga Dihimbau Taat Bayar Retribusi Sampah

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan perkotaan, Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot), melakukan pungutan kepada warga terkait pelayanan persampahan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itulah ditetapkan retribusi pelayanan sampah yang dikenakan bagi warga Kotamobagu. Disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkot Kotamobagu, Alex Saranaung, ada 8.000 kartu retribusi sampah yang dikantongi warga Kotamobagu tersebar di 33 Desa/Kelurahan.

Diterangkan Alex, untuk rumah sederhana ditetapkan retribusi Rp.4.500. Sedangkan untuk rumah mewah Rp.6.000. Dijelaskan kalau warga sudah tidak perlu lagi sibuk-sibuk buang sampah ke luar rumah, karena sudah ada petugas kebersihan yang akan mengangkutnya.

“Sudah kita distribusikan dimasing-masing Kelurahan/Desa kartu pelayanan persampahan. Setiap rumah dikenakan retribusi, mulai dari Rp 4.500 untuk rumah sederhana, Rp 6.000 untuk rumah mewah, rumah industri Rp 100.000 sedangkan untuk Supermarket atau toko Rp 350.000. Semuanya ditagih setiap bulan,” kata Alex, Senin, 6 febuari 2017.

Diterangkannya, penagihan retribusi ini mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang retribusi pelayanan persampahan. “Kami punya dasar penagihan, mengacu pada Perda. Sehingga bila hal ini tidak patuhi warga pasti akan ada sanksi. Namun, saya fikir untuk pemberian sanksi sudah terlalu jauh, saya yakin warga Kotamobagu akan berinisiatif memberikan retribusi tersebut. Dalam pengutan retribusi ini, masyarakat diajak untuk membangun daerah,” jelasnya.

Saranaung juga menghimbau pada warga Kotamobagu untuk dapat bekerja sama, baik dalam memenuhi kewajiban retribusi, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan Kotamobagu.

“Kami himbau warga Kotamobagu bisa bekerjasama untuk memenuhi kewajibannya membyar retribusi pelayanan sampah, disamping itu, mari kita jaga bersama Kota Kotamobagu dari sampah, manfaatkan tempat sampah yang sudah di siapkan oleh Pemerintah Kota, maupun Kecamatan dan Desa,” himbau mantan Kepala Inspektorat Kotamobagu ini.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terimakasih pada warga Kelurahan Molinow yang sudah memenuhi kewajibanya. “Dari 33 desa/kelurahan, baru kelurahan Molinow yang menyetorkan retribusi pelayanan sampah, totalnya Rp 306.000, dan saat ini aparat kelurahannya masih melakukan penagihan. Kami harapkan desa/kelurahan lain bisa mengikuti,” harapnya. (Yudi)

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.