ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Tim Data Center Diskominfo Ikuti Pelatihan

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Penerapan sistim teknologi informasi  untuk kepentingan pemerintah, mulai diterapkan pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Saat ini Diskominfo telah menyiapkan data center yang akan berfungsi sebagai pusat data untuk Kotamobagu.

Sejumlah persiapan untuk penerapan ini mulai dipersiapkan. “Salah satunya dengan melaksanakan in house training terkait penggunaan tekhnologi virtualisasi server atau hyper converged infrastructure,” kata Rudhie Unu, Ketua TIm Data Center Diskominfo.

Dijelaskannya, sistem virtualisasi server atau hyper converged infrastructure (HCI), adalah 1 server sama dengan 10 server.  “Kita menggunakan 1 server dimana kita seperti mengunakan 10 server. Artinya, hanya ada satu jalur yang akan digunakan, ini untuk mengantisipasi kebocoran data, sebab kedepanya surat elektronik antara instansi ke instansi atau terkait kepemerintahan, akan dipusatkan dalam satu jalur saja,”jelas Rudhie kepada awak media, Senin, 20 Maret 2017.

Dalam pelatihan ini, lanjut dia, Diskominfo menggunakan tenaga ahli dari luar. “Kita gunakan tenaga ahli dari cina satu orang, dan satu orang dari Jakarta,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Indra Sutriadi Pipii, mengatakan kalau pelatihan yang dilaksnakan difungsikan untuk menambah kemampuan Tim Data Center yang dimiliki Pemkot. “Operator data center terus kita upayakan terkait peningkatan kemampuannya terutama menyangkut dengan penggunaan teknologi virtualisasi Server ini,” kata Indra.  (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.