ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Tetapkan Kopi Sebagai Produk Unggulan

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU-  Kamis 18 Mei 2017, Pemerintah Kota Kotamobagu ( Pemkot), menggelar pelatihan bertajuk; Teknik Budidaya dan Pengelolahan Pasca Panen Kopi, yang berlangsung di Hotel Sutan raja Kotamobagu. Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan produk unggulan umum dimana Kopi merupakan komuditas unggulan bidang pertanian dan perkebunan oleh Pemkot.

Dalam pelatihan tersebut, Deputi UMKM Bank Indonesia, Devisi Advisori dan Pengembangan Ekonomi, turut hadir bersama sejumlah stakeholder. Demikian pula Sekkot Kotamobagu tahlis Galang, Kadis Pertanian, dan 60 petani Kopi Kotamobagu.

Dalam sambutannya Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak BI yang sudah mendukung kegiatpelatihan tersebut. Apalagi, kata Wali Kota, olej Kementerian pertanian RI, Kotamobagu juga sudah ditetapkan sebagai kawasan nasional pertanian untuk Kopi dan Beras. “Kopi adalah komoditas unggulan dari Kotamobagu. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberi sumbangsih kemajuan bagi perkebunan Kopi di Kotamobagu.,” kata Wali Kota.

Ia juga berjanji, Pemkot akan mengusahakan pembukaan jalan tani untuk perkebunan Kopi. “Kami sedang mengusahakan pembukaan jalan pertanian, tetapi ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Meski demikian, sudah ada lampu hijau dari Kementrian Keuangan bahwa pada 2018 dana untuk pembuatan jalan tersebut sudah akan dianggarkan.

Sementara itu Deputi UMKM BI Kepala Divisi Advisori dan Pengembangan Ekonomi Buwono Budisantoso mengatakan, “Melihat Kotamobagu punya produk unggulan, salah satunya adalah Kopi, maka ni tentunya ini sangat menjanjikan bidang perekonomian. Apa lagi Kopi Kotamobagu mempunyai peluang untuk eksport. Olehs ebab itu pulalah diadakan pelatihan ini,” kata Buwono.(Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.