ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

25 Rumah di Lorong Talaga Rata Tanah

Bagikan Artikel Ini:
foto : Rara Jo Ne (Facebook)
ARUSUTARA.COM,  KOTAMOBAGU – Jumat 28 Juli 2017, dini hari, kira-kira pukul 03:00 WITA, kebakaran terjadi di Lorong Talaga atau di Kelurahan Gogagoman RT 15 Kecamatan Kotamobagu Barat.
Lorong Talaga sendiri diketahui sebagai pemukiman padat penduduk yang umumnya dihuni kalangan pedagang. Data yang diperoleh di lapangan menyebutkan, ada 25 rumah rata tanah dilalap api.
Penyebab kebakaran belum diketahui pasti. Namun berdasarkan penuturan dari mulut ke mulut di kalangan warga Lorong Talaga kompleks Puskesmas di mana peristiwa itu terjadi, termasuk beberapa warga yang rumahnya ikut terbakar, menyebutkan kalau mereka menduga api datang dari sebuah rumah yang ditinggalkan penghuninya berdagang keluar kota.
Petugas Kebakaran Pemkot Kotamobagu yang bersigap ke lokasi dengan dukungan 3 unit mobil Damkar, mengalami kendala karena akses menuju titik api hanya bisa dilalui lewat jalan setapak. Hal itu menyebabkan 3 unit mobil Damkar tidak bisa masuk sehingga hanya bisa melakukan pemadaman dengan jarak yang disesuaikan dengan panjangnya selang air dari Damkar.
Warga yang mengetahui kondisi demikian, berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Sebagian dari mereka ikut berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti ember. Sebagian lagi mengambil beberapa barang di dalam rumah yang masih bisa diselamatkan.
Mobil Damkar memasok air di tempat cuci mobil perbatasan Passi – Gogagoman (foto : arusutara.com)
Besarnya api yang terus menjalar menjilati satu persatu bangunan rumah, membuat mobil Damkar Pemkot Kotamobagu yang ikut disokong pasukan Satpol-PP, mengisi kembali pasokan air di sumber terdekat, yakni di sebuah tempat cuci mobil milik Om Buce di perbatasan antara Desa Passi dan Gogagoman. Itu dilakukan karena fasilitas Hydrant di pemukiman padat penduduk tak tersedia.
Peristiwa ini membuat warga yang rumahnya terbakar, mengungsi ke rumah sanak saudara dan beberapa tetangga satu kompleks yang memberi mereka tumpangan.
Sementara itu, Lurah Gogagoman menyampaikan kalau pemerintah setempat sedang mendata warga seisi rumah yang kediamannya habis dilalap api. Lurah juga berjanji akan segera menindaklanjuti musibah ini termasuk melaporkan dan mengkoordinasikan ke instansi terkait dan pemerintah atas secara berjenjang, dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran ini.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Namun diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah. (Uwin)
Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.