ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

KTT Unsrat Gelar Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Internet

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Selasa 18 Juli 2017, LPPM (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat) Universitas Sam Ratulangi Manado, bekerjasama Badan Pemerintahan Desa Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar pelatihan dan pendampingan bagi perangkat desa se-Bolmong tentang Sistem Informasi Desa dan Pengelolaan Dana Desa berbasis online.

Setiap Desa mengirim 3 peserta pelatihan yang terdiri dari Sekretaris Desa, Bendahara Desa, dan 1 Operator Komputer.

Kepala BPDesa Pemkab Bolmong, Dr. Albert Tangkere saat hadir membuka pelatihan, pada pokoknya menyampaikan agar setiap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius. Menurutnya, Desa memang sudah sepantasnya mengikuti arus perkembangan zaman, terlebih perkembangan Informasi Teknologi (IT) yang terus pesat. Pengelolaan sistem informasi desa yang terintegrasi dengan internet, lanjut dia, justru lebih memudahkan pemerintah desa dalam upaya pelayanan terhadap masyarakat. Terutama untuk urusan surat-menyurat atau administrasi di desa yang senantiasa diperlukan warga.

Kegiatan pelatihan Simdesa berkaitan juga dengan program Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Angkatan 115 Universitas Sam Ratulangi Manado, yag saat ini tersebar di 180 Desa di Bolmong.

Disampaikan pihak LPPM Unsrat Manado, salah satu program kegiatan KKT Unsrat Manado adalah pendataan baik secara demografi dalam rangka pembuatan Sistem Informasi Desa yang nantinya akan terintegrasi dengan internet berbasis online maupun offline.

Masing-masing Desa juga akan dibuatkan website sendiri. Disitu, pemerintah desa melalui Sekdes atau operator desa yang akan menginput atau memasukan ragam informasi via website. Mulai dari Profil Desa, Potensi, dan sebagainya. Termasuk contoh-contoh surat yang nantinya dapat diunduh warga yang mengakses via website, sehingga warga sendiri bisa melakukan print dan tinggal ditandatangani oleh aparat desa, baik Sekdes maupun Sangadi atau Kepala Desa.

Saat ini pelatihan sedang berlangsung di Gedung Rahmadina Lolak. (Uwin)

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *