ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Kantor Imigrasi : Keberadaan WNA di Hotel Wajib Dilaporkan

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU- Rabu 13 September 2017, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kotamobagu, Jhoni Rumagit, kepada media menyampaikan, pihak Hotel maupun Penginapan yang ada di Kotamobagu wajib melaporkan keberadaan tamu WNA (Warga Negara Asing)  yang menginap di tempat mereka ke Imigrasi.

“Setiap pemilik atau pengelola hotel maupun tempat penginapan, ketika kedatangan tamu WNA, wajib melaporkannya ke Kantor Imigrasi,” kata Jhoni Rumagit saat bersua di kantornya.

Pelaopran WNA ini ke Kantor Imigrasi, lanjut Jhoni, tidfak perlu repot-repot membawanya ke Kantor Imigrasi, sebab pihaknya saat ini memperkenalkan aplikasi terkait sistim pelaporan tersebut yang diberi nama Aplikasi Pelaporan OranG Asing atau APOA.

Sistim ini, jelas Jhoni, sudah mulai diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. “Aplikasinya dibuat untuk mempermudah proses pelaporan. Jadi pengelola hotel maupun tempat penginapan bisa melakukan pelaporan lewat fasilitas informasi teknologi,” kata Rumanggit.

Nantinya, lanjut dia, pihak Hotel maupun Penginapan tinggal mengunduh atau menginstal aplikasi APOA yang terkoneksi langsung dengan Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta. “Saat tamu datang menginap kan selalu dimintai identitas oleh pihak hotel atau penginapan, nah nantinya data yang disitu tinggal di input dalam aplikasi APOA lalu dikirimkan ke pusat,” jelasnya.

Dijelaskan Jhoni kalau hal tersebut bertujuan sebagai pengawasan dan pendataan WNA. “Dengan demikian aktivitas turis asing bisa dimonitor setiap saat. Namun bukan untuk membatasi gerak-gerik mereka. Tujuan pelaporan hanya untuk mencegah pelanggaran keimigrasian terjadi,” urainya.

nantinya, kata Jhoni, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke pihak Hotel maupun Penginapan terkait aplikasi ini. Ditegaskannya kembali, pelaporan ini bukan dalam rangka membatasi keberadaan atau aktivitas WNA melainkan hanya sebatas pendataan dan kontrol saja.(Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.