ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Manajemen BUMDes Harus Kreatif dan Inovatif

Bagikan Artikel Ini:


ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Kamis 07 September 2017, Hamdan Monigi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkot Kotamobagu, melalui media menghimbau kepada seluruh Sangadi di Kotamobagu agar berpikir kreatif dan inovatif untuk mendorong hidupnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang sudah ada di semua wilayah Desa di Kotamobagu.

Dikatakannya, keberadaan BUMDes dengan pengelolaan yang baik, dapat mendorong roda ekonomi di desa. Selain itu, kata Hendra, BUMDes dapat dimanfaatkan sebagai peluang ekonomi dalam melahirkan kesejahteraan bersama masyarakat. “Juga menigkatkan Pendapatan Asli Desa,” tandasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, manajemen pengelolaan di BUMDes haruslah kreatif dan inovatif terutama dalam melihat peluang usaha bahkan melahirkannya menjadi sebuah kesempatan baru. “Memang diperlukan pengeloa BUMDes yang kreatif dan inovatif. Saya yakin jika ini bisa diterapkan, maka manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat banyak. Dan ini merupakan cita-cita dalam dana desa itu sendiri,” kata Hendra.

Peran Sangadi (Kepala Desa), lanjut dia, perlu disini dalam rangka komposisi manajemen pengelolaan yang baik dan profesional. Menurutnya, pemetaan terkait potensi atau sumber ekonomi di desa itu penting sebagai proses identifikasi yang akan disentuh lewat BUMDes.

hamdan juga berharap, semoga keberadaan BUMDes di masing-masing Desa yang ada di Kotamobagu, dapat memberi manfaat secara langsung bagi masyarakat setempat. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *