ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Tatong Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan di Kantor Kemenkeu

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, JAKARTA – Kamis 15 September 2017, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menghadiri Rapat kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan KeuanganPemerintah Tahun 2017, yang berlangsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Jakarta.

Salah satu tujuan Rakernas tersebut adalah meningkatkan komitmen Menteri keuangan, pimpinan lembaga, Gubernur, Bupati, Wali Kota untuk meningkatkan kwalitas pengelolaan keuangan negara dan membangun kesadaran bahwa pengelolaan keuangan harus transparan dan akuntabel demi mewujudkan Indonesia yang berkeadilan dan  sejahtera.

Pada kesmepatan itu Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir langsung. Pada kesempatan pidato, sebagaimana dilansir Detik.com, ia memberikan peringatan kepada seluruh pejabat negara baik kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah untuk tetap memerangi tindak pidana korupsi.

Ia menyebutkan, seluruh laporan keuangan pemerintah pada 2016 yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), belum berarti instansi tersebut terbebas dari tindak korupsi.

“WTP bukan berarti tidak ada korupsi, banyak modus bermacam-macam, yang memalukan adalah sampai terjadi OTT (Operasi Tangkap Tangan), jangan jadi WTP tapi OTT, ironis kalau WTP tapi OTT, makanya kita waspada modus OTT,” kata Sri Mulyani, sebagaimana dilansir Detik.com

Ditambahkannya juga,  setiap pimpinan kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah mampu menghindari konflik kepentingan. “Jadi ada korupsi yang sifatnya konflik kepentingan, sampai merampok negara, kalau konflik kepentingan itu proyeknya tetap jalan tetapi banyak titipannya,” ungkap dia.

Kepada peserta Rakernas yang terdiri dari pimpinan lembaga, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia, Sri Mulyani juga mengatakan agar tetap memerangi korupsi dan mempertahankan opini WTP dari BPK bagi pemerintah daerah yang telah mendapatkannya.  

Usai Rakernas, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, sebagaimana dilansir situs resmi Pemerintah Kota Kotamobagu, menyampaikan kalau Pemerintah Kota Kotamobagu terus meningkatkan upaya pengelolaan keuangan dengan baik akuntabel dan transparan. Maka dari itu selama tiga kali berturut-turut Kotamobagu selalu mendapat opini WTP dari BPK. (Dt/Yd/Uw)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.