ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Diskominfo : Tidak Registrasi Ulang Pakai NIK, Nomor Pelanggan Seluler Akan Diblokir

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Kemenkominfo RI segera memberlakukan aturan bagi para pengguna ponsel untuk melakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Aturan ini mulai diterapkan 31 Oktober 2017 pekan depan.
 
Dikatakan Kepala Dinas Kominikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, registrasi pelanggan provider seluler merupakan upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar.

“Ini adalah komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada konsumen. Selain itu manfaat lainnya adalah soal keamanan pengguna, transparans,i dan pelayanan nilai tambah bagi masyarakat,” kata Ahmad Yani. Jumat, 23 Oktober 2017.

Yani juga menegaskan, nomor setiap pelanggan provider kartu seluler di Kotamobagu terancam akan diblokir jika tidak melakukan registrasi menggunakan kartu chip selular. “Semua harus diregist, baik nomor yang digunakan untuk kepentingan menelfon, SMS, atau untuk kepentingan paket data seluler.” tegasnya

Olehnya, ia menghimbau kepada masyarakat Kotamobagu pengguna kartu selular agar segera melakukan registrasi ulang kartu dengan menyertakan NIK agar terhindar dari pemblokiran.

Ketentuan terkait registrasi ulang ini, lanjut Ahmad Yani, diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi dan tertuang dalam Perubahan Menteri Kominfo RI Nomor 14 tahun 2017.

Selanjutnya ia menerangkan, terkait masyarakat yang belum memiliki NIK, pihak kementerian sendiri, kata Ahmad Yani, memang belum memberikan petunjuk lebih lanjut. ”Kami masih menungu informasi lebih lanjut soal itu. Memang pihak Kementrian Kominfo belum memberikannya. Namun demikian akan ada sosilisasi dari Kementrian Kominfo di tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota,” terang Ahmad Yani. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.