ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Wahyudin : Standar Imam Masjid Tingkat Kelurahan dan Desa, Wajib Hafal 1 Juz

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Peraturan Dirjend Bimas Islam Kementrian Agama Republik Indonesia telah mengatur standar Imam Masjid Tetap atau Permanen, berdasarkan SK Dirjen Bimas Islam Nomor 585 Tahun 2017, harus bisa menghafal Al-Quran. Ini dikatakan Hi.Wahyudin Ukoli usai penutupan lomba Tahfizh Al Qur’an tingkat Kota kotamobagu tahun 2017, di Lapangan Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Itu berlaku bagi Imam MAsjid Tetap mulai dari tingkat Provinsi hingga Desa,” kata Wahyudi. Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk Imam Masjid Negara harus bisa menghafal ayat dalam Al Quran sebanyak 30 Juz, untuk Imam Masjid Provinsi hafal 10 Juz, Kabupaten/ Kota 5 Juz, dan Imam Masjid kecamatan, Kelurahan, dan Desa, minimal 1 Juz.

Namun demikian, lanjut Sekertaris Lembaga Pengembangan Tilawatih Alquran (LPTQ) Kotamobagu, keputusan itu belum langung bisa dipaksakan. Menurutnya,  LPTQ Kotamobagu akan memberlakukan keputusan itu secara pelan-pelan atau bertahap.

“Oleh sebab itu saat ini memang pembinaan bagi anak-anak terus ditingkatkan. Mereka akan dipersiapkan untuk ke depan nanti, sebab kalau keputusan dari Binmas ini dilaksanakan maka, jujur akan banyak Imam Masjid yang bakal tereliminasi,” kata Wahyudin sedikit berkalakar. 
Wahyudin juga menghimbau, kepada setiap Imam Masjid saat ini agar memperdalam bacaan dan hafalan Al Quran. Agar ketika keputusan Binmas benar-benar dijalankan, tak ada masalah lagi. (Yudi)
Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.