ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Antisipasi Banjir, Pemkot Alokasikan 3 Miliar

Bagikan Artikel Ini:
ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Banjir yang beberapa kali melanda Kotamobagu belakangan ini, termasuk yang terjadi Jumat 10 November 2010, membuat Pemkot Kotamobagu mengalokasikan dana sebesar Rp 3 miliar untuk 2018 mendatang. Ini dikatakan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, saat turun lapangan meninjau beberapa lokasi yang sempat dilanda banjir.
Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Kampung Bara. Dikatakan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, Pemkot akan membangun tanggul-tanggul di bantaran sungai yang melintasi Kampung Baru karena banyak warga membangun pemukiman disitu. Menurut Wali Kota, banyak rumah terendam banjir saat bencana melanda beberapa waktu lalu setelah air sungai melimpah dan memasuki areal pemukiman karena tidak adanya talud.
“Apalagi banyak warga membangun rumah di dekat bantaran sungai,” kata Tatong. Ia menambahkan, ketika air sungai meluap, ditambah tidak adanya talud, air yang melimpah itu menyapu pemukiman warga. Oleh sebab itu, lanjut dia, untuk 2018 Pemkot akan menganggarkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk pembangunan talud di wilayah Kampung Baru.
Ikut ditinjau pula oleh Wali Kota wilayah sungai di Osion Kelurahan Kotamobagu hingga Kelurahan Sinindian. “Kita akan petakan wilayah rawan banjir untuk penanganannya ke depan,” kata Tatong.
Ia juga menghimbau agar warga tidak membangun rumah di dekat aliran sungai. “Usahakan menghindari bantaran sungai, minimal 5 meter,” pungkasnya. (Yudi)
Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.