ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Kotamobagu Peringkat 7 Sebagai Kota Toleran di Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU –  Kotamobagu dinilai berhasil masuk dalam 10 besar sebagai Kota Toleran se-Indonesia. Ini berdasarkan penilaian yang dilakukan Setara Institute dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), sebagaimana laporan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2017.

Peneliti Setara Institute, Halili, mengatakan sedikitnya terdapat 94 kota di Indonesia yang dikaji dengan melakukan pengindeksan dari hal isu promosi dan praktik toleransi. Pengukuran yang dilakukan Setara Institute ini menggunakan paradigma negative rights sesuai dengan karakter kebebasan sipil politik yang diukur secara negatif.

“Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan serta mengembangkan toleransi diwilayahnya masing -masing,” ujar Halili sebagaimana dilansir dari www.viva.co.id

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara,mengungkapkan kepada awak media,  dirinya tidak menduga Kotamobagu bisa masuk dalam peringkat 7 kota toleran se-Indonesia.

“Saya tidak menduga. Item-item apa yang dinilai saya tidak tau, tapi setelah saya mendapatkan informasi bahwa kita masuk 10 besar, tentu ini kompleks.dan merupakan surprise, “ kata Wali Kota Kepada awak media usai membuka turnamen Wali Kota Cup II di Lapangan Nunuk Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, sore tadi. Selasa, 20 November 2017.

Diungkapkannya, dengan masuknya Kotamobagu sebagai kota toleran peringkat 7 di Indonesia, merupakan anugerah dan rasa syukur yang wajib dipertahankan semua elemen. Apalagi, lanjut Eali Kota, penduduk Kotamobagu terdiri dari ragam lapisan dan golongan kepercayaan.

“Ini menunjukan bahwa toleransi antar semua golongan berjalan baik sehingga wajib dipertahankan,” katanya.

Wali Kota juga menghimbau agar nilai-nilai kebersamaan, gotong-royong dan semangat pancasila tetap melekat dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. (Yudi) 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.