ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Masyarakat dan Kontraktor Bisa Pinjam Alat Berat di Dinas PU Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

17

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemerintah Kota (Dinas PUPR Pemkot kotamobagu), siap meminjamkan alat berat kepada pihak ketiga atau kepada para kontraktor dalam mengerjakan berbagai proyek fisik.

“Asalkan ada kesepakatan antara peminjam dengan Dinas PUPR, yakni berupa sewa,” kata Idil Paputungan selaku Kabid Peralatan dan Laboratorium Dinas PUPR, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat, 17 November 2017.

Kebijakan ini, lanjut Idil, ditempuh Dinas PUPR dalam rangka menunjang PAD (Pendapatan Asli Daerah). “Kebijakan terkait menyewakan alat ini kami tempuh untuk menunjang PAD. Artinya, biaya sewa alat berat dari pihak ketiga itu akan disetor ke kas daerah,demi meningkatkan PAD,” tukasnya.

Idil menerangkan, untuk sewa alat berat di Dinas PUPR, dalam 1 hari dipatok angka Rp,1,5 Juta. Dibeberkan Idil, sewa-menyewa alat berat ini ada regulasinya. “Yakni diatur dalam Perda Nomor 2 tahun 2015 tentang hasil pemungutan retribusi alat berat,”  bebernya.

Masyarakat umu, tambah Idil, dapat juga melakukan peminjaman. Yang terpenting adalah adanya kesepakatan atau MoU yang nantinya akan dibuat antara yang meminjam dengan Dinas PUPR selaku yang meminjamkan alat berat.

Diinformasikan juga oleh Idil, untuk tahun 2017, target capaian sewa alat berat di Dinas PUPR adalah Rp 210 Juta. “Mudah-mudahan target ini dapat tercapai seperti tahun sebelumnya,” ujarnya.

Adapun alat berat yang disewakan Dinas PUPR adalah, 2 Unit Bomac, 1 Unit Beby Roller,  1 Unit truck kren, 1 Unit Exavator mini. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.