ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Anas Tungkagi : Tapal Batas Desa Maupun Kelurahan, Akan Ditetapkan Kembali

Bagikan Artikel Ini:
Anas Tungkagi (Kabag Tapem) Pemkot Kotamobagu
ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu akan melakukan pengukuran kembali titik koordinat terkait batas wilayah antara desa maupun kelurahan. Hal ini dikatakan Kabag Tata Praja Pemerintahan, Anas Tunggali, kepada awak media ARUSUTARA.COM, saat bersua di kantornya, Selasa 05 November 2017.
Anas juga menyinggung soal PP Nomor 45 Tahun 2016, tentang Penegasan dan Penetapan Batas Desa dan Kelurahan. DIbeberkan olehnya, saat ini belum ada satu desa maupun kelurahan yang memiliki batas pasti sebagaimana ketentuan dalam PP Nomor 45 Tahun 2016. 
“Harus diakui kalau belum ada batas pasti dalam angka atau titik koordinat terkait batas-batas desa maupun kelurahan. Olehnya kami akan melakukan pengukuran dan penyesuaian sebagaimana aturan mewajibkan itu,” kata Anas.
Umumnya, lanjut Anas, batas desa maupun kelurahan di Kotamobagu masih menggunakan batas alam dan tinjauan sejarah. “Umumnya itu yang dipakai sebagai acuan dalam menentukan batas. Yakni rujukan sejarah dan bentang alam. Nah, kami bermaksud agar batas-batas itu ditentukan lewat angka atau titik koordinta sebagaimana dalam aturan,” tandasnya. Oleh sebab itu, lanjut dia, Pemkot akan melakukan pengukuran dan penetapan kembali terkait tapal batas yang ada.
Ia juga menandaskan kalau niat tersebut bukan untuk mengesampingkan rujukan sejarah. hal itu menurutnya tetap akan dipakai, akan tetapi sudah menggunakan titik koordinat.
“Rujukan sejarah tetap akan dipakai, namun akan ditetapkan dengan penentuanan angka atau titik koordinat,” pungkasnya. (Yudi)
Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.