ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Melalui PUSPAGA dan PISA, Anak di Kotamobagu dapat Perhatian Ekstra

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kota Kotamobagu (DP3A Pemkot Kotamobagu), dalam peringatan Hari Ibu pada 22 Desember mendatang, akan meresmikan berdirinya Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA).

Ini merupakan program pemerintah mulai dari pusat hingga daerah. Di Kotamobagu, pendirian PUSPAGA dan PISA sudah mulai dilakukan beberapa waktu lalu. Pada Hari Ibu tahun ini, kedua program ini di launching oleh DP2A Pemkot Kotamobagu.

PUSPAGA adalah tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera  melalui peningkatan kapasitas orangtua/keluarga atau orang yang bertanggungjawab terhadap anak dalam menjalankan tanggungjawab mengasuh dan melindungi anak agar tercipta kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelantaran.

Sementara pembentukan kelembagaan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA)  bertujuan untuk memberikan acuan bagi pemerintah kota agar memiliki persepsi yang sama dalam upaya pemenuhan hak anak atas informasi yang layak bagi mereka, khususnya melalui pembentukan kelembagaan PISA. Konsep PISA ini nantinya akan menjadi Pusat Informasi dengan fokus pada penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh anak-anak, dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak.  Penyediaan informasi yang layak bagi anak dalam kelembagaan PISA bertujuan pula agar informasi yang diakses anaka bermanfaat bagi tumbuh kembangnya, dan secara khusus menyediakan lembaga yang mengintegrasikan berbagai informasi yang layak anak dalam satu wilayah, menyediakan informasi dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan inovasi dan masa depan anak, menyediakan informasi untuk meningkatkan wawasan anak terhadap kebangsaan dan cinta tanah air, menyediakan informasi untuk memperkuat karakter anak, wadah bersosialisasi bagi anak, dan alternatif pemanfaatan waktu luang anak. Yang terpenting juga ada sasaran yang harus dicapai dimana salah-satunya, dalam rangka mengantisipasi arus perkembangan teknologi informasi berbasis internet yang memiliki dampak negatif bagi anak berhubung akses anak terhadap internet dewasa ini relatif bebas dan tak berfilter.

Sitti Rafiqa Bora selaku Kepala DP3A Kotamobagu, menyampaikan kepada ARUSUTARA.COM, Senin 04 Desember 2017, pada peringatan Hari Ibu tahun ini, tepatnya 22 Desember 2017, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan dari Kementrian P3A untuk PUSPAGA dan PISA di Kotamobagu yang sudah terbentuk dan segera di launching dalam peringatan Hari Ibu.

“Bantuan yang akan diserahkan berupa peralatan  dan perlengkapan sekretariat terdiri dari komputer, printer, LCD, dan utilitas serta fasilitas kantor lainnya,” kata Rafiqa. Selain itu, lanjut dia, akan ada biaya untuk tenaga psikologi PUSPAGA selama 1 tahun, terhitung mulai Juni 2017 hingga Juni 2018.

“Bantuan nantinya akan disalurkan pada peringatan Hari Ibu, dimana Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara akan memberikannya langsung,” pungkas Rafiqa. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.