ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Panwaslu Gelar Deklarasi Stop Politik Uang dan Isu SARA

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu)  Kotamobagu, menggelar deklarasi terkait penolakan terhadap politik uang dan politisasi Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA) dalam Pilkada Kotamobagu 2018.

Deklarasi berlangsung di Restoran Lembah Bening Kotamobagu, dihadiri dua pasangan kontestan yang akan bertarung dalam Pilkada Kotamobagu, yakni pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu masing-masing Tatong Bara-Nayodo Kurniawan (TB-NK) dan Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag (Jadi-Jo). Bersama PAnwaslu, dua pasang kontestan ini menyatakan komitmennya untuk menolak politik uang dan politisasi SARA dalam perhelatan Pilkada yang tahapannya sedang berlangsung.

“Komitmen ini menjadi kunci bagi kita semua untuk sama-sama menciptakan tahapan Pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan isu SARA,” kata Ketua Panwaslu Kotamobagu,  Musly Mokoginta, Rabu,  14 Febuari 2018.

Dalam deklarasi tersebut,  Kapolres Bolmong  Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu,  SekKesbangpol,  Dandim1303 Bolmong, Tatong Bara, Nayodo Kurniawan,  Suharjo Makalalag, Beserta Komisionar KPU,  OKP,  Ormas,  Sangadi,  Lurah dan Camat Sekotamobagu. 

Menurut Musly Mokoginta, praktek politik uang dalam Pilkada, akan menciptakan potensi tindak korupsi dalam penyelenggara pemerintah daerah. Sedangkan politisasi SARA berpotensi menciptakan kegaduhan sosial bingkai persaudaraan dalam menjaga persatuan Indonesia. Politik uang dan isu SARA, lanjut Musly, kerap terjadi dalam pesta demokrasi meliputi Pilkada, Pilpres, maupun Pileg. Olehnya, Panwaslu mengajak semua komponen bangsa dan pemangku kepentingan untuk sama-sama mewujudkan pemilu yang bersih dan berkualitas.

Deklarasi ini turut dihadiri pimpinan partai politik,  OKP,  Ormas,  Pasangan Calon,  Dandim 1303 Bolmong,  Polres Bolmong,  Kejaksaan Negeri Kotamobagu,  dan insan pers baik cetak maupun elektronik yang secara bersama-sama menandatangani Pakta Integritas serta melakukan cap dan tanda tangan Stop politik Uang dan Politisasi SARA.(Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.