ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Rumah Tunggu Kelahiran Dibangun

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu kini memiliki Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) yang bisa dijadikan tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya untuk persiapan persalinan.

“Adanya RTK merupakan sebagai salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Kotamobagu yang bertujuan  mengurangi resiko kematian ibu dan anak,” kata Kepala DInas Kesehatan, Devi Ch.Lala, Rabu 18 April 2018. “Meengingat salah satu indikator kesejahteraan suatu daerah diukur dari tingkat kematian ibu dan bayi,” katanya, usai menghadiri sosialisasi jampersal sekaligus pendatanganan MoU RTK, di Restoran Lembah Bening Kelurahan Sinindian Kotamobagu.

Dengan adanya RTK, lanjut Devi, dapat memberi banyak manfaat bagi warga Kotamobagu yang membutuhkan. “Apalagi RTK dikhususkan untuk warga yang terbilang miskin, terlebih ada surat keterangan dari pemerintah setempat,” katanya.

Keberadaan RTK ini, lanjut Devi, sangat membantu warga karena biaya operasional RTK tidak dibebankan pada pasien melainkan dana Jampersal atau Jaminan Persalinan. Dijelaskannya, RTK yang dipakai adalah rumah penduduk tepatnya di Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan. RTK ini juga tidak jauh dari Rumah Sakit Kotamobagu. Peralatannya juga juga memadai.

Adapun sasaran RTK, yakni ibu hamil, bersalin, dan nifas yang sulit mendapatkan akses ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan status kesehatannya. ” Jadi, dokter atau perawat bisa langsung datang ke RTK, karena tempatnya berada dekat dengan rumah sakit” pungkas Devi. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.