ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Resmikan Pembukaan Pasar Senggol

Bagikan Artikel Ini:

 

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Sudah menjadi tradisi  sejak 80-an,  tiap kali jelang Hari Raya Idul Fitri, di Kotamobagu berdiri lapak – lapak dagangan berupa tenda oleh para pedagang yang tak hanya dari Kotamobagu melainkan datang dari luar daerah.

Selama hampir tiga dekade, pendirian lapak dagangan yang dikelola secara swadaya oleh (umumnya) masyarakat Gogagoman, biasanya mengambil tempat di sepanjang Jalan Kartini atau di Pasar Serasi hingga Jalan Bolian Kelurahan Gogagoman. Lapak dagangan ini populer dengan sebutan Pasar Senggol.

Seiring perjalananya, mulai tahun 2016 Pemerintah Kota Kotamobagu mengambil-alih pengelolaan Paar Senggol jelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk musim ini, Pasar Senggol resmi dibentuk dan diresmikan Pemkot Kotamobagu pada  Rabu 06 Juni 2018, mengambil tempat di Desa Poyowa Kecil Kota Kotamobagu, sebagaimana pada tahun 2017 kemarin yang sempat menimbulkan demnstrasi dari masyarakat Gogagoman.

Adnan Massinae selaku Sekretaris Daerah kota (Sekdakot) Kota Kotamobagu, Rabu 06 Juni 2018, mewakili Penjabat Sementara Wali Kota Kotamobagu, Rudi Mokoginta, membuka secara resmi beroperasinya Pasar Senggol jelang Lebaran. Sejumlah pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kotamobagu, turut hadir dalam pembukaan ini.

Dalam kesempatan sambutan, Adnan menyampaikan permohonan maaf kepada para pedagang yang belum sempat tercover karena ketersediaan lapak yang menurutnya masih kurang. Apalagi, kata Adnan, pendaftar untuk tahun ini memang bertambah. “Pendaftar ada ribuan, sedangkan lapak yang tersedia hanya 404,” katanya.

Kedepan nanti, lanjut dia,  sistem pendaftaran akan diubah. “Yakni 3 bulan sebelum pembukaan pasar senggol sudah dibuka pendaftaran agar sudah bisa diketahui atau diprediksi berapa lapak yang bakal disediakan panitia,” ujarnya.

Adnan juga mengatakan, untuk tahun depan, pedagang bisa mendaftar melalui jalur online, sehingga tidak perlu datang jauh-jauh ke Kotamobagu untuk sekadar mendaftar. 

Sementara itu, Herman Aray selaku Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM,  mengatakan kalau pedagang lokal memang diprioritaskan sebagai pelapak di pasar Senggol. (Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.