ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pilkada Kotamobagu, Kabag Humas Polres : Hindari Ujaran Kebencian dan Hoax

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Ditemui di sela-sela tugas saat melakukan pengamanan Pilkada Kotamobagu, malam hari pasca pencoblosan, Rabu 27 Juni 2018, AKP Saiful Tamu selaku Kabag Humas Polres Bolaang Mongondow, kepada awak media ARUS UTARA menyampaikan agar massa pendukung pasangan calon dalam perhelatan Pilkada Kotamobagu 2018, tidak mudah terprovokasi atau cepat termakan isu dan berita hoax alias berita bohong.

“Kami menghimbau agar massa pendukung pasangan calon sebaiknya jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang hanya akan menimbulkan perpecahan dan menganggu keamanan, terlebih lagi cepat termakan berita bohong alias hoax,” kata Saiful.

Himbauan ini, lanjut dia, penting disampaikan agar Pilkada Kotamobagu yang baru saja dilaksanakan tetap lancar aman terkendali hingga pada pleno penetapan terpilihnya pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh KPU Kotamobagu.

“Percayakan saja pada penyelenggara pemilu (KPU Kotamobagu), dan tunggu hingga pleno penetapan nanti,” tandasnya.

Saiful juga menghimbau kalangan netisen atau para pengguna sosial media agar cerdas dalam menggunakan akun masing-masing. “Cerdaslah dalam menggunakan akun media sosial dan hindari ujaran kebencian terlebih lagi memproduksi atau menyebarkan berita bohong alias hoax karena hanya akan berdampak hukum bagi diri sendiri,” tukasnya.

“Jangan memproduksi informasi bohong ataupun memelintir kejadian kemudian menyebarkannya di facebook jika informasi maupun kejadian tersebut belum jelas kebenarannya,” tambahnya lagi. Hal ini, menurut Saiful, penting agar setiap pengguna akun sosial media tidak terjerat hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE.

Sementara itu, ditanyai soal kondisi apa yang berkembang di lapangan pasca pencoblosan terutama pada malam hari (Rabu 27 Juni 2018), sebagaimana yang riuh di media sosial Facebook dan Whatsapp, termasuk juga adanya konsentrasi massa pendukung di beberapa titik wilayah Kotamobagu yang mengandung kehebohan, termasuk yang berkerumun lalu menggelar konvoi kemudian secara berangsur-angsur merapat dan menyesaki kediaman pasangan calon nomor 2, Jainuddin Damopolii, Kabag Humas Polres Bolmong ini menyampaikan kalau hal itu terjadi setelah beredar kabar bahwa pasangan JADI-JO (Jainuddin Damopolii-Suharjo Makalalag) melalui massa pendukungnya, mengklaim kemenangan setelah mengumpulkan formulir C1 dan melakukan perhitungan manual.

Informasi tersebut, kata Saiful memberi penjelasan, cepat meruyak di media sosial, mulai dari postingan status bahkan status story dan tayangan live via medsos yang menyebutkan kemenangan pasangan JADI-JO. “Kita tahu sendiri, kemajuan teknologi membuat segala sesuatu begitu cepat beredar dan jadi konsumsi publik. Nah, iformasi yang di share atau dibagikan ini jelas melahirkan respon dari pendukung pasca pencoblosan. Inilah yang menyebabkan kehebohan kemudian terjadi kerumunan dan konsentrasi massa pendukung,” jelas Saiful.

Pihaknya, lanjut dia, segera mengambil tindakan cepat dengan melakukan pengamanan di sejumlah titik wilayah untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, termasuk pengamanan di kompleks kediaman Jainuddin Damopolii, kontestan nomor utu 2 (JADI-JO) tempat berkonsentrasinya massa pendukung yang berdatangan dari berbagai wilayah Kotamobagu. Massa yang berkonvoi dengan kendaraan juga segera diminta untuk bubar.

“Tapi kami mengerti apa yang sedang dirasakan para pendukung, sehingga kami segera melakukan pengamanan. Namun demikian, kami (Kepolisian) tetap akan menindak-tegas siapapun yang melakukan gangguan kamtibmas atau mengacaukan proses Pilkada Kotamobagu yang masih sedang berlangsung,” tandasnya.

Mendekati pukul 00:00 WITA, Saiful melalui pengeras suara lantas meminta massa pendukung JADI-JO untuk membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. Melalui pengeras suara, ia juga menghimbau agar kalangan netisen tidak melakukan ujaran kebencian di media sosial, tidak memproduksi berita bohong, memelintir kejadian, dan diminta bersabar serta mempercayakan hasil Pilkada Kotamobagu kepada pihak penyelenggara yakni KPU.

Massa lantas secara berangsur-angsur mulai membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke rumah masing-masing usai pengumuman tersebut.

Ucapan Selamat oleh Kapolres Bolmong

Selanjutnya ditanyai soal informasi yang beredar bahwa Kapolres Bolmong AKBP Gani Siahaan yang turut memimpin langsung pengamanan tersebut, datang memberi ucapan selamat kepada pasangan JADI-JO, diklarifikasi oleh Saiful Tamu. Dijelaskannya, Kapolres Bolmong datang ke kediaman Jainuddin Damopolii, bukan menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan yang diraih. Namun pada pokoknya memberi himbauan agar pasangan calon, dapat menenangkan massa pendukungnya untuk bersabar, tidak melakukan tindakan yang menganggu keamanan, serta mempercayakan keputusan terkait hasil Pilkada kepada pihak berwenang yakni KPU Kotamobagu. Adapun hal-hal lain terutama soal hasil formulir C1 yang menurut pendukung JADI-JO setelah dilakukan perhitungan manual, berhasil meraup suara terbanyak melebihi pasangan calon TBNK (Tatong Bara-Nayodo Kurniawan), Kapolres menyampaikan kalau pada pokoknya KPU adalah lembaga yang berwenang memutuskan, sehingga yang ditekankan Kapolres Bolmong, menurut Saiful, adalah tetap menjaga keamanan dan menunggu hingga sampai pada pleno penetapan KPU Kotamobagu. 

Kapolres juga, tambah Saiful, menegaskan kepada massa pendukung JADI-JO, bahwa pihak kepolisian tetap berdiri pada posisi independen dan tidak ikut campur dalam soal perhitungan maupun penetapan hasil Pilkada, melainkan hanya sebagai pengaman jalannya proses demokrasi dan pelayan masyarakat. Jikapun ada hal-hal yang menurut massa pendukung perlu untuk dikoreksi terkait hasil Pilkada, maka ada mekanisme atau jalur hukum yang dapat ditempuh, dan pihak kepolisian tetap akan menjunjung tinggi hukum yang berlaku, tetap beridiri independen, dan yang terutama lagi menjadi pengawal tetap terciptanya kondisi keamanan di tengah masyarakat. (Uwn)

BACA JUGA :

Pilkada Kotamobagu, 2 Kubu Klaim kemenangan

 

 

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.