ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pjs Wali Kota Buka Lomba Monuntul

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kotamobagu, Rudi Mokoginta, membuka secara simbolis lomba malam pasang lampu atau dalam bahasa adat Mongondow disebut Monuntul, di 33 Desa/Kelurahan se-Kota Kotamobagu.

Pembukaan yang dipusatkan di lapangan Aruman Jaya Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu selatan, Senin, 12 Juni 2018. Sejumlah pejabat teras Pemkot Kotamobagu turut hadir bersama pejabat kelurahan, pemerintah desa, dan tokoh masyarakat/agama, serta pemuda Motoboi kecil. 

Acara pembukaan dimulai usai salat Magrib, diawali dengan pemukulan beduk oleh Pjs Wali Kota,  sebagai tanda pelaksanaan lomba Monuntul resmi dibuka.

Rudi sedikit menyinggung soal sejarah dan tradisi  Monuntul, yang hingga saat ini masih terus dipertahankan oleh umat muslim di Kotamobagu bahkan Bolaang Mongondow Raya. 

Dikatakannya, Monuntul memang bukan merupakan ritual keagamaan dalam arti wajib, melainkan hanya tradisi umat muslim di Mongondow sejak dahulu kala, tiap 3 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Terkait pelaksanaan lomba, Rudi mengatakan, yang terpentings ebenarnya bukan soal desa mana atau kelurahan mana yang bakal tampil sebagai juara, melainkan pada bagaimana umat muslim di Kotamobagu, menyemarakan bulan puasa dengan ragam kegiatan.

“Jadi bukan soal siapa yang paling terbaik dan menjadi juara, namun bagaimana kita ikut menyemarakkan pelaksanaan bulan suci ramadhan di Kota Kotamobagu ini,” kata Rudi.

Diketahui, lomba Monuntul  sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Kotamobagu yang hadiahnya dianggarkan melalui APBD. Kegiatan ini wajib diikuti oleh sseluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu. (Advetorial)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.