ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Disperindagkop Awasi Keberadaan Koperasi di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DisperindagKop-UKM), mulai meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan Koperasi yang ada di wilayah Kotamobagu. Disampaikan Kabid Koperasi dan UKM, Mohamad Yamin, pada pokoknya pengawasan dilakukan untuk mewujudkan terciptanya kehidupan Koperasi di Kotamobagu yang berjalan sesuai dengan regulasi yang ada.

Selain itu, ditandaskan juga olehnya, melalui pengawasan ada kepatuhan dari pihak koperasi terhadap undang-undang dan segala peraturan yang mengikat, sehingga tercipta Koperasi yang kuat, mandiri, dan terutama akuntable.

“Pengawasan kami lakukan untuk mewujudkan terciptanya kehidupan Kopersi di Kotamobagu yang ebrjalan sesuai kaidah-kaidah hukum yang berlaku. Dari segi regulasi hingga keberadaan Koperasi yang bertanggung-jawab dan akuntable,” kata Yamin saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu 08 Agustus 2018.

Dijelaskan olehnya, ada 80 unit Koperasi di Kotamobagu yang sedang dalam pembinaan dan pengawasan pihaknya. “Pembinaan sekaligus pengawasan dilakukan agar kwalitas dan keberadaan Koperasi meningkat dan iklim perekonomiannya sehat,” kata Yamin.

Dari segi aturan, lanjut dia, pihak Koperasi diminta untuk melengkapi semua persyaratan administrasi mulai dari pendirian Koperasi itu sendiri, dan segala bentuk kelengkapan adminsitrasi mendasar terkait pendirian atau pembentukan Koperasi itu sendiri.

“Salah satunya akte pendirian dari Notaris harus ada. Secara teknis kami mengeluarkan rekomendasi, selanjutnya para pendiri harus melakukan pembuatan akta pendirian itu ke Notaris,” terang Yamin.

Ia juga menghimbau, keberadaan Koperasi selain harus melengkapi segala persyaratan mendasar terkait administrasi pendirian dan operasionalnya, dapat menunjang iklim perekonomian di tengah masyarakat. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.