ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Akan Diperiksa Dispertanak

Bagikan Artikel Ini:
Abdul Manap Pudul, Kabdi Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertanak Kotamobagu

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispertanak) Pemkot Kotamobagu, pekan depan akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap hewan yang akan dijadikan Kurban pada saat Idul Adha nanti.

Disampaikan pihak Dispertanak Kotamobagu melalui Abdul Manap Pudul selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rabu 8 Agustus 2018, pihaknya sudah menerima surat perintah dari Pemerintah Provinsi Sulut terkait pengawasan dan pemotogan hewan yang akan dijadikan qurban.

“Regulasi dari Pemerintah Provinsi terkait pengawasan dan pemotongan hewan qurban sudah ada. Ini termasuk meliputi kesehatan hewan yang akan dijadikan qurban pada Hari Raya Idul Adha nanti,” kata Pudul.

Dijelaskannya, jelang Idul Adha nanti,  kebutuhan atau ketersediaan hewan ternak yakni Sapi dan Kambing pasti meningkat. Umumnya, lanjut Pudul, hewan ternak ini akan ada di penampungan termasuk di pasar-pasar. “Nah, kami akan turun untuk memeriksa keberadaan hewan ternak ini yang jelang Idul Adha biasanya akan dijadikan kurban,” katanya.

Pemeriksaan yang akan dilakukan, lanjut dia, meliputi kriteria hewan qurban, mulai dari kondisinya yang harus sehat, bersih dan simetris. Termaksut jenis kambing juga harus bersih tidak boleh ada yang cacat seperti penyait kulit dan lain lain.

“Oleh karena itu, harga hewan qurban naik dikarenakan  ternak pilihan ditinjau dari segi kelayakan atau karena ternak kurban itu dipilih berdasarkan kesenangan orang yang ingin berqurban sesuai dengan syarat yang dimaksud,” terangnya.

Disampaikan juga olehnya, pemeriksaan ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. Salah satu tujuan diadakannya pengawasan maupun pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan kurban ini, salah satunya agar memastikan bahwa hewan ternak yang akan dijadikan kurban, sehat dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Tim yang akan turun ini, lanjut Pudul, beranggotakan 7 orang dan 1 dokter hewan. Selain di kandang penampungan maupun yang ada di pasar-pasar, Tim juga akan turun di masjid-masjid yang melakukan penampungan hewan ternak untuk dijadikan kurban pada saat Idul Adha. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.