ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Kata Wali Kota dan Ketua MUI Kotamobagu Soal Sertifikasi Halal Imunisasi MR

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Sejak kampanye vaksinasi campak, Measles Rubella (MR), yang dimulai 1 Agustus 2018 oleh pemerintah pusat hingga daerah, bukan berarti tidak melahirkan ragam tanggapan dan polemik di media. Salah satu isu yang mencuat terkait vaksinasi atau imunisasi MR ini adalah perdebatan soal sertifikasi halal.

Ditanyai terkait isu itu, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, di hadapan sejumlah awak media menyampaikan harapannya agar program bidang kesehatan dari pemerintah tersebut dapat terus berjalan tanpa menemui kendala. Terkait isu belum adanya sertifikasi halal yang diperdebatkan, Wali Kota menyampaikan kalau masalah tersebut ada yang membidanginya, yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI). Namun ia menaruh harapan besar agar program tersebut harus bisa terus dijalankan karena penting bagi kesehatan anak.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Pemkot Kotamobagu sendiri akan terus melakukan program imunisasi MR ini, apalagi untuk Kotamobagu, capaiannya baru menyentuh angka 25 persen. Sementara program pemerintah dari pusat hingga ke daerah ini harus dirampungkan hingga 100 persen.

Sementara itu, Ketua MUI, Ustadz Dhani Pontoh, saat dimintai tanggapan awak media, menyampaikan kalau pada prinsipnya, MUI mendukung program pemerintah termasuk di bidang kesehatan, khususnya lagi program imunisasi MR.

MUI Kotamobagu sendiri, lanjut Dhani, sedang menindaklanjuti laporan dari berbagai daerah termasuk mengikuti perkembangan yang ada terkait sertifikasi halal. Hingga saat ini, lanjut Dhani, MUI Pusat sudah melayangkan surat ke Komisi Fatwa DP MUI bernomor U-13/MUI/KF/VII/2017. Ia berharap, surat tersebut juga dapat secepatnya direspon oleh Kementrian Kesehatan RI.

“Sampai dengan saat ini memang belum ada pemberitahuan lanjutan berkaitan dengan proses labelisasi halal vaksin MR tersebut. Kami masih menunggu,” kata Dhani yang disampaikan via WhatsApp, Selasa 14 Agustus 2018. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.