ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pengembangan Akses Masuk Pasar Genggulang Segera Dilaksanakan

Bagikan Artikel Ini:
Herman Aray Kepala Disperindagkop-PM

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Untuk memperlancar akses masuk Pasar Genggulang, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperkop-UKM) Pemkot Kotamobagu, dalam waktu dekat ini segera melakukan pembangunan jalan demi kelancaran arus masuk-keluar pasar.

“Ini akan dimulai dengan pembebasan lahan termasuk pemukiman di sekitar areal pasar,” kata Herman Aray Kepala Disperindagkop-UKM.

Lahan milik warga yang nantinya akan dibangunkan jalan, lanjut Herman, akan segera dibayar. Termasuk 9 unit rumah di sekitar areal pasar. “Pemilik lahan dan rumah sudah setuju untuk menjualnya demi pengembangan areal masuk,” terang Herman.

Lebih lanjut diterangkannya, ada dana sebesar Rp. 1,7 miliar yang sudah dianggarkan dalam APBD Tahun 2018 untuk pengembangan akses masuk pasar. Anggaran ini, lanjut dia, termasuk digunakan untuk pembebasan lahan warga.

“Kami sudah rapat koordinasi dengan 9 warga pemilik lahan dan rumah. Mereka juga menyambut positif alias setuju untuk menjualnya,” terangnya lagi.

Pengukuran yang dilakukan bersama Badan Pertanahan Nasional dan Dinas PU Kotamobagu sudah dilakukan termasuk pemetaan jalan menuju pasar.

“Untuk pembangunan akses masuk ini, direncanakan memiliki lebar 24 meter dengan panjang 200 meter,” ujar Herman.

Tim untuk pembangunan ini, kata dia, berjumlah 9 orang. Melibatkan beberapa instansi dan sudah saling berkoordinasi. Dari hasil rapat, lanjutnya, menghasilkan kesimpulan bahwa sesuai Perpres 148 pasal 4 menjelaskan,  untuk harga penjualan atau pembelian lahan akan ditetapkan oleh lembaga penilai publik dalam hal ini avresel. Nanti tim ini yang akan menilai apakah pembelian sesuai dengan permintaan dari penjual atau tidak. Termasuk didalamnya sudah dengan urusan negosiasi.

Herman menjelaskan, bila Avresel sudah mendapatkan ketetapan terkait harga tanah yang pas dengan harga dari penjual, maka segera dilakukan pembayaran. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.