ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Digelar Pemerintah Kecamatan Passi Barat di Lapangan Elang Taruna

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Jika sebelumnya tiap kali diadakannya upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, maka Pemerintah Kecamatan termasuk Pemerintah Desa wajib mengikutinya di Kantor Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, maka sejak tahun 2017 hingga 2018 ini, Pemerintah Kecamatan bersama Pemerintah Desa diminta bekerjasama untuk menggelar upacara tersebut di Ibukota Kecamatan.

Maka dari itu, Jumat 17 Agustus 2018, Pemerintah Kecamatan Passi Barat bekerjasama dengan Pemerintah Desa se-Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, menggelar upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, yang berlangsung di Lapangan Elang Taruna Desa Passi, Jumat 17 Agustus 2018.

Camat Passi Barat, Ferry Mokoginta, SP, bertindak selaku Inspektur upacara dalam peringatan yang sudah kali kedua ini dipusatkan di Lapangan Elang Taruna Passi. Sedangkan yang bertugas selaku Komandan Upacara berasal dari TNI yakni, Toha Mokodongan.

Upacara ini mendapat animo dari masyarakat sekitar. Selain turut hadir dalam upacara, masyarakat juga menonton jalnnya upacara di sekitar lapangan tempat diadakannya peringatan HUT Proklamasi tersebut.

Sama seperti tahun sebelumnya, Paskibraka yang bertugas melakukan pengibaran bendera, semuanya adalah pelajar SMA Negeri 1 Passi yang mendapat gemblengan selama hampir sebulan dari pelatih berasal dari TNI atau Koramil setempat. Peserta upacara juga termasuk dari siswa SD utusan dari 13 Desa di Passi Barat.

Sutarsi Mokodompit,SPt bersama Tamrin Mokoginta,SE, keduanya adalah Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow, turut hadir sebagai undangan dalam upacara tersebut. Demikian juga para Sangadi se-Kecamatan Passi Barat, Kapolsek, dan sejumlah undangan yang terdiri dari sejumlah tokoh adat, agama, dan masyarakat.

Masyarakat setempat mengaku bangga dan senang ketika upacara HUT Kemerdekaan dilangsungkan secara lebih lokal. Hal itu, menurut mereka, membuat peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan lebih terasa nuansanya. Sebagian dari mereka menurutkan, biasanya tiap kali menjelang 17 agustus, nuansa peringatan kemerdekaan hanya dilakukan dengan cara yang sudah biasa seperti memasang bendera merah putih atau umbul-umbul di depan rumah. Namun sudah 2 tahun belakangan ini, nuansa peringatan tersebut lebih terasa dan mereka sering menonton jalannya upacara tersebut. Terlebih lagi, menurut mereka, panitia dan Paskibraka adalah orang-orang lokal atau terdiri dari generasi muda di sekitar yang merupakan pelajar SMA Negeri 1 Passi, dimana adalah anak didik dari mereka sendiri. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Upacara berlangsung pukul 09:30 WITA dan berlangsung khidmat serta berjalan dengan lancar. Usai upacara, sejumlah keluarga dan orang tua dari Paskibraka saling meluapkan kegembiraan diwarnai nuansa haru dan rasa bangga. Mereka berpelukan kemudian berfoto-foto baik dengan para undangan yang hadir, termasuk dengan masyarakat.

Sebelum upacara digelar, kedatangan Gio yang merupakan artis audisi KDI (Kontes Dangdut Indonesia) asal Desa Poyuyanan, membuat suasana nampak gembira. Masyarakat dari berbagai kumur dan kalangan, terutama para pelajar menunjukan animonya kepada Gio. Mereka bersorak dan tak terkecuali meminta Gio untuk selfie bersama.

Camat Passi Barat, Ferry Mokoginta.SP, menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa se-Kecamatan Passi Barat dan seluruh warga yang telah mendukung berpartisipasi hingga suksesnya upacara tersebut. Terlebih lagi kepada pelatih dan anak-anak Paskibraka yang telah sukses melakukan pengibaran bendera.

Mewakili juga seluruh Sangadi (Kepala Desa) se-Kecamatan Passi Barat, Sangadi Passi Delianto Bengga dan Sangadi Passi II Mahdudat Mokodongan, turut menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada seluruh kawan sejawat dan pihak-pihak terkait yang telah mendukung suksesnya Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia ke-73 yang berlangsung di Lapangan Elang Taruna.

Sore hari jelang upacara penurunan bendera, sejumlah kegiatan dan acara hiburan dilaksanakan pula di Lapangan Elang Taruna dan berlangsung meriah. Acara hiburan tersebut terdiri dari lomba Balap Karung dan Tarik Tambang yang turut melibatkan aparat desa se-Kecamatan Passi Barat. (Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.