Bicara Perubahan Iklim, Climate Institute Gelar Diskusi di Warkop Jarod

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Climate Intitute adalah LSM/NGO (Non Goverment Organization) yang memiliki concern terhadap isu perubahan iklim. Lembaga ini turut memfasilitasi generasi muda dalam mendapatkan wawasan terkait isu perubahan iklim dari berbagai perspektif. Kegiatannya meliputi workshop, seminar, talk show, focus group discussion, policy recommendation, dan kegiatan lainnya yang berkolaborasi dengan ragam komunitas remaja baik di kampus maupun luar kampus.

Minggu, 02 februari 2020, berkolaborasi dengan sejumlah komunitas setempat, diantaranya Inde Dou, Literasik, Pecinta Alam, Slankers, Climate Institute menggelar diskusi bertajuk “Waste – Bicara Iklim” yang berlangsung di Warung Kopi Jarod.

Diskusi diawali dengan pemutaran film bertema Sampah Plastik dari Braga Indie Project, dilanjutkan dengan pemaparan materi diskusi oleh Putri Potabuga dari Climate Institute yang mengedukasi tentang sampah dan pemilahan sampah, dan 3 pembicara masing-masing dari Word Clean Up, Badan Lingkungan Hidup Pemkot Kotamobagu, dan Uwin Mokodongan dari komunitas pecinta alam yang turut mengupas isu perubahan iklim baik dari segi ke-pecinta alama-an maupun dari perspektif budaya dan kearifan lokal.

Putri Intan Van Gobel dari Inde Dou bertindak selaku moderator dalam diskusi yang mendapat banyak respon dari peserta yang hadir.

Secara garis besar dalam diskusi tersebut, para pembicara berharap isu perubahan iklim  harus terus digaungkan secara terus menerus baik di ranah formal maupun nonformal termasuk suara-suara yang digaungkan lewat media sosial sehingga isu perubahan iklim terus meluas di masyarakat, sampai ke telinga pemerintah sehingga diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

Tentang muasal sampah bahkan produk-produk yang memberi kontribusi signifikan terhadap isu perubahan iklim, turut menjadi pembahasan menarik dalam diskusi yang melahirkan debat hangat. (Petronella Momuat)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.