bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Fraksi di DPRD Soroti Kinerja Pemkot

Bagikan Artikel Ini:

riana

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU — Sidang Paripurna Pembahasan Tingkat 1, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan 2015, sejumlah fraksi di DPRD Kota Kotamobagu, menyoroti pihak eksekutif terkait penyerapan anggaran yang dinilai minim.

Fraksi Golkar saat menyampaikan pandangannya, Jum’at 4 September 2015, melalui juru bicara Riana Sari Mokodongan, menyampaikan, penyerapan anggaran dalam triwulan ketiga untuk tahun 2015, masih minim. Angkanya bahkan dibawah 50 persen. Padahal sudah memasuki Triwulan 3.

Demikian pula disampaikan Fraksi Kebangkitan Rakyat, melalui juru bicaranya, Danny Mokoginta. Fraksi ini bahkan memberi 4 catatan kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, yakni pertama; realisasi anggran harus mencapai rata-rata, dan sesuai dengan diterbitkannya peraturan menteri, bagi penyerapan anggaran yang masuk kategori minim, maka daerah tak akan mendapatkan anggaran DAU (Dana Alokasi Umum). Catatan kedua, pelayanan dasar menjadi roh sesuai dengan program TB-Jadi ditahun 2015. Namun hingga saat ini, pemerintah belum maksimal melakukan pelayanan dasar ditiap-tiap SKPD. Catatan ketiga; angka Silpa yang besar di tahun 2015, sehingga pada tahun 2015 ini, jangan ada lagi silpa. Catatan keempat, perencanaan anggaran perubahan bagi tiap-tiap SKPD harus terukur.

Terkait sorotan itu, Wakil Walikota Kotamobagu, Jainudin Damopolii, menyampaikan klarifikasinya.

“Terkait dengan penyerapan anggaran minim, itu dikarenakan anggaran di dinas PU belum terealisasi, pasalnya banyak tender atau pelelangan di LPSE, itu gagal lelang, ada beberapa tender yang telah dilelang namun gagal selama 4 kali. Oleh sebab itu, penyerapan anggaran menjadi minim,” kata Wawali.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini anggaran sudah mencapai 40% lebih, banyak anggaran yang masih mengedap di DPPKAD, terkait pencairan 100% bagi kontraktor. (uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *