ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Perusahaan Wajib Berlakukan UMP

Bagikan Artikel Ini:

Upah

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kota Kotamobagu (Disnakertrans KK), melakukan pendataan sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah Kotamobagu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disnakertrans KK, Haris Podomi, melaui Kepala Bidang Tenaga Kerja Ratna Paputungan di hadapan sejumlah awak media, Kamis 25 Februari 2016 di ruang kerjannya.

“Untuk hari ini (25 Feb 2016), ada 4 perusahaan yang kita kunjungi untuk kepentingan pendataan, yakni Bank Prisma Dana, Bank Sulut, Bank BRI dan Bank BNI,” kata Ratna.

“Kamis besok pendataan akan dilanjutkan ke sejumlah perusahaan finance,” tambahnya. Perusahaan pembiayaan itu, kata Ratna, di antaranya Adira, FIF, Bess Finance dan lain-lain.

Selain melakukan pendataan terkait keberadaan perusahaan dan karyawannya, Ratna juga menerangkan kalau hal tersebut dalam rangka menindak-lanjuti Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara No 37 tahun 2015, tentang Penerapan Upah Minimum Propinsi (UMP) tahun 2016, yang telah diberlakukan sejak awal Januari lalu.

Dalam Surat Edaran tersebut, setiap perusahaan yang memperkerjakan karyawannya diwajibkan memberi upah atau gaji standard kepada karyawan berdasarkan UMP yang berlaku di Sulut, yakni Rp 2,4 Juta.

“Berdasarkan surat edaran Gubernur Sulut, setiap perusahaan memang diwajibkan membayar gaji karyawannya berdasarkan UMP,” kata Ratna.

Diketahui perusahaan yang terdaftar di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kotamobagu, hingga Februari 2016, berjumlah 275 perusahaan. Terdiri dari 11 perusahaan berskala besar, 17 perusahaan skala sedang, dan yang berskala kecil sebanyak 247 perusahaan.(Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *