bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

BPMPD Boltim Gelar Pelatihan Bagi LPM

Bagikan Artikel Ini:

AMin Musa

ARUSUTARA.COM TUTUYAN – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), menggelar kegiatan pelatihan bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Pelatihan berlangsung di BPU Desa Tutuyan. Amin Musa selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Boltim, membuka langsung kegiatan tersebut. Pesertanya adalah para pelaku LPM se-Boltim.

Dalam sambutannya Amin mengatakan, pelatihan terhadap LPM merupakan salah satu agenda penting. Menurutnya, LPM turut memberikan kontribusi pembangunan dan jalannya roda pemerintahan di tingkat desa. Ia berharap, semua pemangku kepentingan harus mampu bersinergi dengan potensi yang ada.

Lebih lanjut ia menandaskan terkat peran LPM dalam penyelenggaraan roda pemerintahan di tingkat desa. Menurutnya, LPM harus berada di tengah-tengah, dalam arti tetap menjaga independensi lembaganya. Termasuk ketika ikut terlibat dalam penyusunan RPJMDes, RKPDes, dan APBDes.

“LPM juga punya fungsi untuk mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah di desa. Dengan demikian, arah pembangunan dapat berjalan dengan baik dengan adanya peran LPM,” kata Amin, Kamis 14 April 2016.

Amin juga menjelaskan, Sangadi (Kepala desa) wajib memasukan laporan kepada BPMPD, 3 bulan setelah Tahun Anggaran. Begitupun kepada LPPD, LKPKD, ILPPD dan masyarakat.

“Saya percaya, kalau sistem ini berjalan maka pembangunan di desa akan berjalan sesuai harapan masyarakat desa,” paparnya.

Sekertaris BPMPD Boltim, Linda Novie Roringkon, ikut menambahkan, LPM harus menjadi lembaga yang benar-benar memberikan kontribusi positif dalam pengembangan masyarakat di desa. (IM)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *