bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Hilangkan 3 SKPD, Pemkot Bentuk 11 SKPD Baru

Bagikan Artikel Ini:

Walikota Kotamobagu, Tatong Bara

ARUSUTARA.COM KOTAMOBAGU   Sebagai penyesuaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kotamobagu memutuskan  ada 4 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bakal dihilangkan, yakni Dinas Tata Kota, Badan Narkotika Kotamboagu (BNK), Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) dan Kantor Pelayanan Terpadu Satun Pintu (KPTSP).

‘’Segala urusan di empat SKPD tersebut akan dialihkan ke SKPD lain,’’ kata Kepala Bagian Hukum, Sarida Mokoginta, Jum’at 16 Juni 2016.

Ia mencontohkan, untuk Dinas Tata Kota, terkait urusan penataan kota mulai dari pembangunan maupun pemeliharaan taman kota,  akan menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Sedangkan pemadam kebakaran akan berdiri sendiri. Kemudian untuk BNK ditarik ke pusat menjadi instansi vertikal. Sementara bidang kehutanan di BP4K akan digabung dengan Badan Lingkungan Hidup (KLH). Selanjutnya, bagian penyuluh pertanian akan dileburkan dengan Dinas Pertanian. Sedangkan untuk KPTSP akan dihilangkan. Urusan menyangkut perizinan dan sebagainya,  akan menjadi wewenang Badan Penanaman Modal.

Dijelaskan Sarida, medki demikian, ada 11 SKPD baru yang akan bertambah pasca dilakukan penyesuaian. SKPD yang dimaksud adalah Dinas Ketertiban Umum dan Damkar, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Badan Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Badan Pencatatan Kependudukan dan Keluarga Berencana, kemudian satunya lagi Badan Ketahanan Pangan. (Uphink)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *